Tanya Dokter

  • Penyebab sering sakit perut dan mual

  • Asslmkm dok, saya mau nanya. Isteri saya perutnya sering sakit dan merasa mual-mual.. itu kenapa ya, dok?

    Iskandar Zulkarnaen Chalik  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Iskandar, Sakit perut merupakan hal yang sering dialami oleh setiap orang. Sakit perut walaupun sebagian besar tidak memiliki penyebab serius tetapi tidak jarang dapat menandakan kondisi yang memerlukan penangan segera. Lokasi dan gejala lain yang timbul dapat membantu dokter untuk mendiagnosa organ apa yang terlibat dan menjadi penyebab timbulnya sakit perut. Beberapa sakit perut yang umum terjadi seperti:

    • Sakit perut disertai diare, dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri akibat makanan yang terkontaminasi
    • Sakit perut yang mendadak dan parah seperti disebabkan oleh radang usus buntu, batu ginjal, batu empedu, atau tukak lambung
    • Sakit perut kambuhan seperti misalnya akibat konstipasi, menstruasi, infeksi saluran kemih, sakit maag dan lainnya
    Coba redakan nyeri dengan memperbaiki pola makan dan asupan makanan, makan sedikit dengan lebih sering dapat membantu mengurangi gejala, hindari stres, hindari merokok dan makanan berlemak, asam, minuman berkafein seperti kopi, teh dan minuman bersoda untuk mencegah naiknya asam lambung, serta berolahraga secara teratur dan minum cukup air. Konsumsi obat seperti antasida dapat membantu mengurangi gejala. Jika tidak ada perubahan atau timbul gejala lain seperti demam, muntah-muntah, perut sangat sakit jika disentuh, tidak bisa buang air besar, segera periksakan diri pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Dimana dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti lab darah, USG, foto rontgen ataupun pemindaian dengan CT scan atau endoskopi jika diperlukan. Baca juga artikel tentang sakit perut kanan, sakit perut kiri dan nyeri ulu hati. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.