Tanya Dokter

  • Waktu penyembuhan pada penderita astrositoma

  •  Joshua Albert
    Anggota
    Selamat malam dok Saya mau bertanya tentang tumor astrositoma, apakah timor jinak/ ganas? Untuk pemulihan pasca operasi berapa bulan ya dok? Apa gejala” pusing dan nyeri memang wajar pasca operasi astrositoma?

    Halo Joshua,

    Astrositoma adalah tumor primer otak yang dapat tergolong jinak atau ganas tergantung pada stadium astrositoma yang dialami penderita. Astrositoma stadiuam 3 dan 4 tergolong ganas. Penyebab dari munculnya tumor ini tidak diketahui dengan pasti. Penderitanya juga dapat mengalami gejala yang bervariasi tergantung pada posisi tumor ini di otak dan ukuran tumor misalnya sakit kepala, mual, muntah, gangguan kecerdasan, gangguan kesadaran, kejang, gangguan penglihatan, kelemahan anggota tubuh, dan gangguan keseimbangan.

    Setelah operasi pengangkatan tumor, penderitanya masih mungkin mengalami pusing dan nyeri karena ketika operasi tersebut mungkin saja ada area otak yang terpengaruh oleh prosedur operasi. Pusing juga dapat dialami beberapa hari awal setelah operasi misalnya karena efek samping obat bius atau efek samping obat nyeri. Biasanya gejala ini akan membaik seiring dengan waktu.

    Waktu penyembuhan tiap penderita sangat bervariasi tergantung pada prosedur operasi yang dilakukan, lokasi tumor, area otak yang terpengaruh oleh operasi, usia pasien, dan kondisi kesehatan umum pasien. Selain itu, proses pemulihan juga tergantung pada terapi/ rehabilitasi yag dijalani penderita misalnya terapi bicara, terapi okupasi  (untuk melakukan kegiatan sehari-ahri), dan terapi fisik. Terapi atau program rehabilitasi ini berperan dalam pemulihan pasien paska operasi.

    Silakan Anda diskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter spesialis bedah saraf yang menangani penderita karena dokter tersebut yang lebih mengetahui kondisi penderita sehingga informasi yang diberikan dokter tersebut akan lebih lengkap. Sarankan penderita utuk menjalani pengobatan dari dokter denagn teratur dan menjalani program rehabilitasi jika sudah lebih sehat.

    Semoga informasi ini berguna.

    Dr. Aloisia