Tanya Dokter

  • Obat untuk mencegah menurunnya ataksia dalam keluarga

  •  semangat
    Anggota

    Dokter saya laki2 umur 50 tahun, dokter syaraf saya mengatkan saya terkena ataxia. Berjalan sulit, berkata kata juga sulit. Gejalanya 10 tahun yg lalu menurun terus sangat perlahan. Baru satu tahun ini berjalan terasa begitu susah, tanpa pegangan dinding atau yg lain pasti terjatuh. Mama saya dan 2 orang adiknya juga mederita yg sama sewaktu wafat beliau dalam keadaan sudah lumpuh. Saya mempunyai 2 orang anak 13 tahun dan 10 tahu. Apakah ada obat untuk mencegah agar anak2 saya tidak mengalami sama seperti saya. Saat ini ini saya sedang menjalani terapi stemcell, bagaimana menurut dokter ?

    Hello,   Hingga saat ini belum ada obat yang bisa diberikan untuk mencegah ataxia. Terutama ataxia yang diturunkan melalui genetik. Namun mendeteksi dini ataxia melalui pemeriksaan genetik bisa menurunkan angka kejadian dari kondisi tersebut. Pengobatan ataxia dengan stemcell merupakan pengobatan terbaru yang masih memerlukan penelitian lanjutan mengenai efek dan keberhasilannya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa metode ini aman dan berhasil memperlambat gejala dan bahkan meningkatkan keberhasilan terapi fisik dll. Namun hasil sangat bervariasi pada setiap individu dan tidak bisa dijadikan acuan pada semua kasus. Untuk info lebih jauh mengenai stemcell terapi sebaiknya Anda menanyakan langsung kepada dokter yang menangani terapi stemcell Anda.   Ataxia merupakan suatu kondisi dimana terjadi kerusakan pada otak kecil dan atau sistem saraf otak sehingga menyebabkan kondisi gangguan keseimbangan, koordinasi dan proses bicara. Ataxia bisa dikategorikan menjadi 3 bagian yaitu : ( tipe ataxia = baca disini untuk info tambahan)

    1. Ataxia didapat (Acquired ataxia) dimana gejala didapat dari kondisi seperti trauma, stroke, Multiple sclerosis, tumor otak, defisisensi vitamin, keracunan, konsumsi alkohol berlebih atau kondisi lain yang merusak otak kecil.
    2. Ataxia herediter (genetik) dimana gejala memburuk dengan cepat  seiring waktu akibat dari genetik yang diturunkan dari kedua orang tuanya.
    3. Ataxia cerebral idiopatik tipe lambat dimana penyebab tidak jelas dan timbul secara perlahan.
    Gejala ataxia adalah : (baca di SINI untuk info tambahan)
    1. susah berjalan, kadang sering tersandung
    2. Bicara tidak jelas
    3. sulit melakukan gerakan terarah seperti menulis, mengancingkan baju, makan
    4. Susah menelan
    Pengobatan ataxia meliputi banyak faktor yang biasanya lebih ditujukan untuk terapi adaptasi dengan kondisi ataxia. Pada beberapa kasus gejala ataxia bisa menghilang bila penyebab yang mendasarinya diobati, sebagai contoh ataxia akibat infeksi, defisiensi vitamin  atau tumor otak yang bisa menghilang / berkurang jika penyebab (tumor) diobati. Pengobatan ataxia bisa dibagi menjadi :
    1. Pengobatan terapi fisik
    2. Okupasional terapi
    3. terapi wicara
    Semoga membantu.     dr. Yusi