Tanya Dokter

  • Aturan obat ibu hamil

  •  Nova herlina
    Anggota

    Dok saya hamil 7 minggu. Waktu ke bidan dikasih obat gestamin-pluz, folavit, santa-e. Aturan pemakaian nya gimana ya dok, soalnya kenapa semuanya vitamin, tidak ada obat mual/pusing nya. Apa boleh viramin semuanya di makan per hari? Padahal saya susah untuk makan dan juga selalu pusing.

    Halo,   Ya betul semuanya adalah vitamin yang bisa dikonsumsi saat kehamilan dengan komposisi seperti :

    1. Gestiamin plus = multivitamin dan mineral.
    2. Folavit = asam folat
    3. Santa E = vitamin E
    Anda bisa mengkonsumsi Gestiamin plus saja 1x 1 tablet karena pada gestiamin plus sudah terdapat kandungan asam folat dan vitamin E, sehingga tidak perlu lagi tambahan lain seperti folavit dan Santa E. Konsumsilah gestiamin plus sesudah makan untuk mengurangi efek mual. Untuk mual saat kehamilan muda hal ini terjadi akibat perubahan hormonal yang terjadi. Jika mual tidak berat dan Anda masih bisa mengkonsumsi makanan/ minuman maka ada beberapa hal yang bisa membantu Anda mengurangi mual tanpa perlu konsumsi obat seperti :
    1. Minum susu kehamilan dengan label emesis.
    2. Makan porsi kecil
    3. Minum banyak air putih
    4. Hindari bau menyengat
    5. Makan permen jahe untuk mengurangi mual.
    Namun jika mual terus menerus terjadi hingga Anda sulit untuk mengkonsumsi makanan sama sekali maka mungkin tindakan pemberian infus dan obat anti mual yang aman seperti ondansentron akan diperlukan. Ini bisa Anda konsultasikan dengan dokter kandungan Anda secara langsung. Rasa pusing pada kehamilan bisa terjadi akibat turunnya tekanan darah saat kehamilan. Untuk mengatasinya Anda bisa melakukan :
    1. Rajin bergerak / berolahraga.
    2. Jangan terlambat makan.
    3. Hindari berbaring terlentang dalam posisi lama.
    4. Lakukan aktivitas tidak terburu buru.
    5. Cukup minum air putih.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi