Tanya Dokter

  • Masalah seputar buang air besar

  •  Andy Rama
    Anggota

    Dok saya mau tanya. Adik sya usia 7 thun . dia kalo bab paling cepat 3 hri sekali bahkan dlu bisa 2 minggu bru bab . n kalo bab itu bau banget n warnanya hijau(katanya tante sya ,pas dia bab dirumah tante).itu kenapa ya dok .atau gara" nahan bab atau emang ada mslah diperutnya . karna dia juga ga suka pepaya .

    Saya juga kalo setiap habis makan.selalu pengen bab,mungkin jarak 2-5 jam an dok .tpi keluarnya ya sedikit . itu knpa ya dok ?(tapi sya gni sehabis puasa usai ) . Terimakasih dok.

    Andy Rama  dr. Rico N
    Dokter

    Halo, Yang adik anda alami kemungkinan besar merupakan suatu kondisi yang disebut konstipasi fungsional (>90%). kemungkinan lainnya adalah konstipasi organik (<10%). penyebab utama dari kondisi ini adalah adaya trauma pada anak saat BAB, dapat karena pernah BAB nyeri, tinja keras, fobia toilet yang disebabkan ketakutan terhadap toilet, entak karena bau, kotor, kecoak, dsb dan yang terakhir akibat kurangnya asupan serat dan air putih. Hal ini pada akhirnya menyebabkan BAB keras  dan sulit dikeluarkan, anak makin tidak mau BAB karena sakit dan akhirnya makin keras lagi karena air akan semakin diserap oleh dinding usus dan terus terjadi seperti itu menjadi lingkaran setan. Penanganan dilakukan dengan

    1. Evakuasi tinja yang menumpuk, biasanya dengan melakukan klisma, yakni memasukkan gliserin ke dalam anus untuk mengeluarkan penumpukan tinja. Jika jumlahnya tidk banyak dapat dilakukan dirumah dengan menggunakan obat yang dimasukkan lewat dubur yang banyak terdapat dipasaran.
    2. Tahap selanutnya harus dilakukan setidaknya 2 minggu dapat sampai 1-3 bulan. Tujuannya untuk membuat tinja tidak keras dan membiasakan anak untuk tidak takut BAB dan tidak menahan tinjanya, untuk memutus lingkaran setan tersebut.
      1. Tingkatkan asupan serat (buah dan sayur)
      2. Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup minimal 1 liter sehari
      3. memijat lembut perut anak memutar searah jarum jam  setiap hari, 15 kali sehari, dapat menggunkan minyak kayu putih atau minyak telon
      4. melakukan toilet training : menyuruh anak duduk 3-5 menit di toilet 15 menit setelah makan pagi atau siang
      5. pemberian obat pencahar yang aman diberi dalam jangka panjang (umumnya yang mengandung serat seperti laktulosa)
    Pada kahirnya, berkonsultasilah pada dokter anak untuk masalah ini, tujuannya tetnu untuk menentukan langkat yang terbaik untuk mengatasi masalah tersebut dan mencaoba mengidentifikasi adanya penyebab organik. konstipasi demikian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu.