Tanya Dokter

  • Penyebab feses berwarna hijau dan encer

  • Dok saya mw bertx ko veses sya hijau skli yah trus encer tpi sya blum makan apa2 bru badan sya lemas sekali. Umur kehamilan sya 8 bln klu boleh tau itu faktor apa yah.

    Halo Tanning Lulung, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Warna feses yang berubah menjadi kehijauan dapat terjadi pada beberapa kondisi, diantaranya adalah:

    1. kondisi diare, yang dapat menyebabkan pigmen empedu lebih cepat dikeluarkan dari feses dan memberikan warna hijau pada feses
    2. konsumsi banyak sayuran hijau
    3. konsumsi makanan yang mengandung perwarna hijau
    4. konsumsi suplemen tertentu

     

    Bila saat ini anda sedang hamil dan anda mengkonsumsi vitamin kehamilan, kemungkinan perubahan warna feses tersebut disebabkan karena vitamin yang anda konsumsi. Kondisi tersebut tidak berbahaya dan anda juga tidak perlu menghentikan konsumsi vitamin kehamilan (karena sangat penting untuk perkembangan dan kesehatan anda serta janin anda) dan juga tidak memerlukan tata laksana tertentu. Bila perubahan warna feses tersebut disebabkan karena diare, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter kandungan untuk dilakukan pemeriksaan dan diberikan tata laksana yang sesuai untuk diare anda. Anda disebut mengalami diare bila anda mengeluarkan feses dengan konsistensi yang cair dengan frekuensi lebih sering dari biasanya. Diare biasanya disertai dengan gejala lainnya seperti mual muntah, penurunan nafsu makan, demam, kembung, dan nyeri perut.

    Bila memang anda mengalami diare, pastikan anda tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dengan banyak minum. Sebaiknya anda juga mencoba memaksakan diri untuk tetap makan agar anda tidak lemas. Cobalah makan makanan yang lebih lunak dan mudah ditelan, serta tidak terlalu berasa tajam agar tidak memicu mual dan muntah.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia