Tanya Dokter

  • Bayi tidak BAB setelah diberikan susu formula

  •  galih ajeng
    Anggota
    Sore dok .. Sy memiliki bayi laki2 yang usianya br 4 hari Asi sy sementara ini msh belum lancar dok , jd mulai hr kedua ,sy selingi dengan sufor Kalo bayi sy belum puas minum asi , sy tambahkan sufor dek .. Di hr keempat ini , bayi sy belum bab sama sekali dok .. Sy jd khawatir , takutnya tidak cocok dgn sufor atau bagaimana dok ? Kalau kencing sih sering , bayi jg tidak rewel dok .. Mohon jawabannya dok ..terima ksh
    galih ajeng  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Galih,

    Pertama-tama, sebaiknya bayi diberikan ASI eksklusif sampai usia 6 bulan karena susu terbaik bagi bayi adalah ASI. Untuk memperbanyak ASI, Anda bisa memperbanyak kontak fisik dengan bayi dan berikan ASI secara langsung setiap 2 jam sekali. Anda tidak perlu khawatir jika bayi belum puas karena lambung bayi baru lahir juga masih sangat kecil sehingga tidak membutuhkan susu berlebih.

    Beberapa tanda bayi cukup ASI yaitu berat badan bayi meningkat, bayi menyusu setiap 2-3 jam sekali atau lebih, frekuensi buang air kecil bayi meningkat / baik, bayi tenang setelah menyusu. Tanda bayi cukup ASI selengkapnya bisa Anda baca di SINI.

    Kembali ke topik pertanyaan Anda ya. Sebenarnya untuk bayi yang masih ASI eksklusif, frekuensi BAB bisa bervariasi bisa beberapa kali sehari, bisa juga beberapa hari sekali. Umumnya bayi ASI eksklusif BAB 1 minggu sekali masih termasuk dalam batas normal selama bayi tidak menunjukkan tanda sulit BAB seperti rewel, tampak kesakitan, tampak kesulitan mengejan, perut keras dan membesar, mual, atau muntah.

    Namun karena sudah diberikan susu formula, maka harus dipikirkan juga kemungkinan lainnya. Bayi yang mendapat susu formula diharapkan bisa BAB setiap hari atau setidaknya 3-4x/minggu. Pemberian susu formula bisa berpengaruh terhadap sulit BAB. Selain susu formula, bayi sulit BAB juga bisa dipengaruhi oleh pemberian MP ASI pada saat-saat awal, bayi dehidrasi / kurang cairan, atau bayi mengalami kondisi medis tertentu seperti hipotiroid, alergi makanan, dan gangguan pada sistem pencernaannya sejak lahir.

    Apabila setelah diberikan susu formula bayi BAB kurang dari 3x/minggu atau jika bayi mengalami tanda sulit BAB seperti di atas, sebaiknya Anda memeriksakan bayi Anda ke dokter anak supaya bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab bayi belum BAB sehingga bayi Anda bisa diberikan penanganan yang tepat oleh dokter ya.

    Untuk membantu memperlancar BAB bayi, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Berikan ASI lebih sering
    • Sebisa mungkin kurangi pemberian susu formula pada bayi kurang dari 6 bulan, kecuali dalam keadaan terpaksa
    • Telentangkan bayi lalu gerakkan kaki bayi seperti mengayuh sepeda di udara
    • Pijat lembut perut bayi dengan gerakan memutar, jangan memijat perut dan dada bayi terlalu keras ya (hal ini berlaku juga jika bayi dipijat di dukun bayi / tukang pjat bayi)
    • Oleskan minyak telon pada perut bayi jika kulit bayi tidak alergi atau sensitif terhadap minyak telon
    • Mandikan / lap tubuh bayi dengan air hangat

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Feses bayi baru lahir
    Tanda bayi susah BAB

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y