Tanya Dokter

  • Mengatasi mencret pada bayi

  • haloo dokter, saya mau tanya. anak saya usia 5 bulan. BAB nya encer seperti bubur, apakah itu wajar atau bermasalah ya?soalnya bayi teman saya usia yg sama BAB nya sudah padat seperti orang dewasa. bayi saya ASI Eksklusif. terimakasih 

    Halo Rizka Hidayanti, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    BAB pada bayi 5 bulan terutama yang mendapat ASI eksklusif normalnya memang akan encer seperti bubur. Frekuensi BAB normal pada bayi yang mendapat ASI eksklusif bisa bervariasi antara 6-10 kali sehari, atau bisa jadi bayi BAB setiap kali bayi minum.

    Membedakan antara mencret dengan BAB yang normal pada bayi memang cukup sulit, karena konsistensi yang sama-sama encer, dan frekuensi yang sama-sama banyak. Namun berikut ini adalah beberapa gejala lain yang biasanya dapat anda temukan menyertai mencret:

    1. Demam
    2. Penurunan nafsu makan
    3. Penurunan berat badan
    4. Mual dan muntah
    5. Dehidrasi

     

    Bila bayi anda tidak mengalami perubahan BAB dari BAB nya yang biasa, serta tidak terdapat gejala lain seperti yang disebutkan di atas, maka kemungkinan besar BAB bayi anda normal-normal saja. Namun selalu perhatikan BAB bayi anda, bila BAB tampak sangat encer seperti cairan, terdapat darah dalam BAB, terdapat tanda-tanda mencret di atas, terdapat tanda-tanda dehidrasi, dan bayi anda tidak mau minum, sebaiknya anda segera memeriksakan bayi anda ke dokter anak.

    Berikut ini adalah tanda-tanda dehidrasi yang harus anda kenali:

    1. Mulut dan bibir bayi tampak kering
    2. Tidak terdapat air mata saat bayi menangis
    3. Tidak kencing selama 3 jam atau lebih
    4. Demam sangat tinggi, tidak turun dengan obat
    5. Mata tampak cekung, ubun-ubun masuk ke dalam
    6. Cubitan kulit atau turgor kembali lambat
    7. Bayi bisa jadi sangat rewel dan ingin minum terus pada dehidrasi sedang
    8. Bayi menjadi lemas, tidur terus dan tidak ingin minum pada dehidrasi berat

     

    BAB akan mengalami perubahan menjadi lebih padat (namun biasanya tidak sampai padat seperti BAB orang dewasa) saat bayi mulai makan makanan padat. BAB dapat berubah menjadi padat dan keras seperti BAB orang dewasa bila bayi mengalami konstipasi.

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia