Tanya Dokter

  • Penyebab BAB berdarah

  •  ibnul
    Anggota
    Dok umur saya 18 thn, dok saya makan yang lada lada selama sehari. waktu bab tiba tiba keluar darah, ke esokan harinya tidak berdarah lagi, ke esokannya lagi berdarah lagi, gejala penyakit apa dok? Tapi saya tidak merasa sakit di bagian anusnya. Saya takut terjadi apa apa baru pertama kalinya, mohon di jawab
    ibnul  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    BAB berdarah dapat disebabkan karena berbagai macam penyebab. BAB yang disertai darah seperti yang anda alami mungkin dapat disebabkan karena hemoroid/ wasir.

    hemoroid atau wasir merupakan suatu keadaan dimana terjadi penonjolan dari pembuluh darah vena di daerah anus. Biasanya wasir lebih sering terjadi pada orang yang sering mengedan berlebihan, mengangkat bebam berat, mempunyai riwayat sulit BAB, atau sering mengkonsumsi makanan yang pedas. 

    Hemoroid interna pada awalnya tidak menyebabkan rasa sakit. Pada awalnya hemoroid interna hanya akan menyebabkan terdapat darah pada saat BAB. Darah biasanya berwarna merah segar , dan biasanya menetes setelah BAB. Kemudian lama kelamaan dapat terdapat penonjolan dari anus dan terasa sakit. 

    Tetapi selain itu, keadaan yang anda alami dapat juga disebabkan karena penyebab lainnya seperti:

    • lecet/ iritasi pada daerah anus
    • Abses daerah anus
    • perdarahan saluran cerna bagian atas
    • perdarahan saluran cerna bagian bawah
    • polip usus
    • peradangan usus besar

    oleh karena itu, jika keadaan yang anda alam sudah terjadi lebih dari 3 hari maka sebaiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter sehingga dokter dapat memeriksa keadaan anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah,pemeriksaan feces, atau USG jika memang diperlukan.

    disarankan agar anda tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Jangan mengedan secara berlebihan. Konsumsi cukup sayuran dan buah. Serta penting untuk tidak merokok.

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Wasir

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny