Tanya Dokter

  • Solusi atasi BAB berdarah hingga sakit kepala di bagian tengah

  •  Sari Fauziah
    Anggota

    Hallo dok. Saya sari, umur 19 tahun. Sudah satu tahun lebih saya mengalami colitis ulcerativ. Tgl 02/11/2015 saya sempat colonoscopy & biopsi juga alhamdulillah hasilnya ga menunjukan keganasan tapi smpe skrg gejalanya masih suka terasa dok bab nya masih suka berdarah bahkan suka sakit kepala di bag tengah dok. Kira2 harus ke rs lg untuk colonoscopy lg atau bgaimana dok ?

    Hai, Colitis ulcerative atau bagian dari penyakit radang usus (inflammatory bowel disease) merupakan penyakit kronis / menahun yang diakibatkan oleh proses auto-imun yang merusak sel-sel usus besar. Akibat dari peradangan ini ialah munculnya sariawan-sariawan kecil sepanjang usus besar -- kondisi ini menyebabkan rasa tak nyaman di perut, diare dan BAB berdarah. Terdapat beberapa hal yang perlu dikhawatirkan dari penyakit ini, yaitu potensi anemia dari perdarahan terus menerus melalui usus besar, berlubangnya usus besar dan potensi terjadinya kanker usus besar karena peradangan kronis. Sampai saat ini, belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan colitis ulcerative. Pengobatan colitis ditujukan untuk mengendalikan sistem kekebalan tubuh sedemikian rupa supaya frekuensi kekambuhan dan keparahan penyakit saat kambuh bisa ditekan. Karena saat ini gejala Anda mulai muncul lagi, Anda sebaiknya berkonsultasi kembali ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam, terutama yang ahli dalam bidang saluran cerna (Sp. PD-KGEH). Dokter mungkin akan melakukan kolonoskopi ulang, pemeriksaan darah hingga CT-Scan untuk meneliti ulang derajat keparahan penyakit saat ini dan mencari ada/tidaknya sumber perdarahan lain yang mungkin. Setelah semuanya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:

    • Lakukan eksperimen sendiri terhadap berbagai jenis makanan; catat makanan-makanan apa saja yang membuat penyakit Anda kambuh dan hindarilah makanan tersebut
    • Makanan yang tinggi serat atau pedas cenderung menyebabkan kekambuhan dan sebaiknya dihindari
    • Makanan yang lunak / encer cenderung lebih mudah ditoleransi saat penyakit sedang kambuh
    • Tetap mengonsumsi berbagai jenis makanan supaya Anda tidak kekurangan nutrisi
    • Hindari stres dan kelelahan fisik
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma