Tanya Dokter

  • Mengatasi sembelit dan nyeri pinggang saat hamil

  • Selamat siang dok, saya mau tanya saat ini usia kandungan saya sudah 16week, dan sudah 3 hari terakhir ini saya sembelit dan saat saya BAB sampai meneteskan darah. gimana ya dok? Selain itu juga pinggang saya sering sekali sakit, dokter kandungan saya menyarankan untuk saya minum banyak dan saya sudah mengikuti sarannya, tapi masih sering nyeri pinggang, bhkan saat saya terlalu capek, pinggang saya seperti ingin copot.. bagaimana ya dok? terima kasih

    Halo ibu Mauren,terimakasih anda telah berkonsultasi di alodokter.
    Jadi pada keluhan ibu,apalagi jika pada umur kehamilan tua,sembelit sangat umum terjadi,dikarenakan pada saat kehamilan,banyaknya hormon progesteron yang dihasilkan,sehingga merelaksasi otot-otot polos di seluruh tubuh termasuk pada usus,sehingga usus bekerja lebih lambat untuk mencerna dan terjadi sembelit.
    Beberapa penanganan yang dapat ibu lakukan adalah:
    1. Minum air banyak
    2. Ibu dapat mengkonsumsi parasetamol untuk mengurangi nyeri di pinggang (dapat dikonsultasikan ke dokter spesialis kandungan dulu)
    3. Mengompres dengan kompres hangat pada bagian yang nyeri
    4. Makan makanan yang banyak serat,seperti buah-buahan dan sayur
    5. aktifitas fisik ringan
    6. Mengkonsumsi probiotik (dalam bentuk minuman atau tablet)
    7. Jika tidak bisa BAB,jangan memaksakan BAB dengan duduk terlalu lama di toilet,dapat mencetuskan timbulnya ambeien dan fisur (lecet pada anus)
    8. Anda dapat berkonsultasi kembali ke dokter kandungan jika penanganan tersebut belum membuahkan hasil
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen