Tanya Dokter

  • Penyebab BAB berlendir dan berbau busuk

  • Sore Dok ?? Pada malam hari kemaren. sebelum Saya makan malam, Saya merasa mual tiba tiba dan saya anggap itu hanya Maag, dan saya makan obat Maag. Nah, setelah saya makan, saya juga tetep merasakan mual. Setelah itu mual saya tak kunjung reda. Hingga akhirnya saya buat tidur. dan ketika bangun di tengah malam, saya merasa lemas, dan mual. Lalu, perut saya sakit, hingga akhirnya saya BAB. Saya terus menahan mual agar tidak smpai muntah. Saya mencium Minyak angin, dan akhirnya hilang mual saya. Dan keesokan harinya, perut saya nyeri hebat, lalu saya kembali BAB. Bru saja BAB, Saya BAB kembali. Namun, anehnya BAB itu berlendir, dan berbau busuk. Kira kira itu kenapa Dok?? Lalu, bagaimana penanganannya??

    Hai, Jika terdapat keluhan mual, sakit perut, serta BAB yang berlendir dan busuk, hal itu bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pencernaan. Misalnya pada gastroenteritis, disentri, atau keracunan makanan. Bahkan adanya infeksi pada saluran cerna juga dapat menyebabkan BAB yang disertai dengan darah. Penanganan akan disesuaikan dengan penyebab dasarnya. Misalnya jika karena bakteri, maka dapat diberikan antibiotik. Hal-hal berikut perlu diperhatikan:

    • Walaupun mual, usahakan untuk tetap konsumsi makanan. Lebih baik dengan porsi kecil dan frekuensi lebih sering
    • Kurangi konsumsi makanan berlemak atau pedas
    • Konsumsi makanan yang sudah dimasak dengan matang
    • Perbanyak minum air mineral untuk mencegah dehidrasi
    • Jaga higiene makanan dan minuman yang akan dikonsumsi
    • Cuci tangan sebelum dan setelah makan, atau setelah menggunakan toilet
    Jika keluhan masih berlanjut, sebaiknya Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan sampel tinja, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga penanganan yang tepat akan segera diberikan. Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto