Tanya Dokter

  • Buang air besar berlendir setiap berpuasa

  • Selamat sore dok, nama saya rubi. Saya biasa melakukan puasa senin kamis. Yg saya mau tanya setiap saya berpuasa saya selalu bab dan berlendir . Bisa 4-5 kali . Apakah ada yg bermasalah dengan percenaan saya dok? Terima kasih.

    Halo, Lendir dalam jumlah kecil pada feses biasanya bukan sesuatu yang berbahaya. Secara normal feses memang mengandund sedikit lendir yang merupakan zat yang diproduksi usus agar lapisan paling luar dari dinding usus tetap lembab dan terlubrikasi. Lendir menjadi masalah bila keluar dalam jumlah yang banyak dan disertai gejala lain seperti terdapat darah atau nanah, disertai nyeri perut atau perut kembung, perubahan konsistensi atau kebiasaan buang air besar. Pada keadaan tersebut bisa jad kondisi itu disebabkan karena penyakit, seperti:

    Untuk mengetahui penyebabnya sebaiknya dilakukan pemeriksaan feses di laboratorium serta pertimbangkan pemeriksaan imaji perut seperti USG atau ronsen bahkan kolonoskopi. Periksakan kondisi ini ke dokter bila sangat muncul gejala yang harus diwaspadai tersebut. Semoga membantu, terimakasih