Tanya Dokter

  • bab bermasalah setiap habis makan pedas

  •  intanay
    Anggota

    pagi dok, saya intan umur 17th, ingin menanyakan kenapa setiap saya habis makan pedas perut saya terasa panas dan sakit, lalu selang beberapa jam akan mulas dan ketika saya bab feses hancur menjadi seperti butiran kecil-kecil dan rasanya sangat sakit, ini bisa terjadi 2/3x, lalu bab terakhir barulah feses menjadi cair.kira-kira ini bahaya atau tidak ya dok?terimakasih

    Hai,   Makanan pedas memang bisa menyebabkan diare terutama pada orang yang saluran cernanya sensitif terhadap makanan pedas dan bahan kimia yang dihasilkan oleh makanan pedas. Atau bisa juga disebabkan karena IBS (irritable bowel sindrome). Makanan pedas ( yang mengandung capsaicin) cenderung mengakibatkan :

    1. Iritasi dinding saluran cerna mulai dari lambung sampai ke usus dan dubur. Hal ini mengakibatkan rasa sensasi panas dan kembung pada perut, mulas dan rasa panas/ terbakar pada dubur setiap habis BAB.
    2. Otak akan mengirimkan air lebih banyak ke usus untuk meredakan iritasi mengakibatkan feses menjadi encer.
    3. Otak juga akan membuat makanan yang pedas dialirkan lebih cepat melalui usus agar tidak berkontak lama dengan dindidng usus sehingga menghasilkan diare.
    Walaupun tidak berbahaya namun hal ini sangat mengganggu dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebaiknya Anda menghindari makanan terlalu pedas atau mencoba menetralisir makanan pedas yang Anda makan dengan makanan yang bersifat basa ( alkali) seperti yogurt, lemon juice, susu dll.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi