Tanya Dokter

  • Penyebab BAB dengan konsistensi tinja sangat lembek

  •  haruma
    Anggota

    halo dokter saya mau bertanya ...awal gejala saya mengalami mencret dikarenakan minum air kelapa yang berada di kulkas yang sudah 5 hari(ketidak tahuan saya)...saya tidak langsung ke dokter dikarenakan takut diberi atibiotik lagi(sudah terlalu banyak) ..karena sebelumnya saya sudah diberi 3 periode antibiotik untuk masalah gigi.

    lalu 1 bulan kemudian sudah tidak mencret lagi...hanya saja bentuk fisik BAB saya konsistensinya terlalu lembek(mushy consistency) tidak seperti biasanya padat. kemudian saya ke dokter umum diberi antibiotik Gitri 480...tidak sembuh juga...lalu diberi lagi ciprofloxacin 500 mg...jg tidak membaik...dan selanjutnya saya ke dokter ahli gastroenterologi..dan menjalani tes kultur feses...ada bakteri Escherichia coli .. lalu berdasarkan hasil tes(termasuk juga dalam tes feses tsb ada hasil tentang resisten dan sensitif terhadap antibiotik) selanjutnya berdasarkan hasil tes dokter gastro memberikan saya antibiotik levofloxacin 500 mg selama 10 hari dan enzymplex...juga tidak ada perbaikan di konsistensi BAB saya,masih lembek...

    kalau dokter jadi saya,apa yang harus saya lakukan selanjutnya? ...jujur saya stres tidak bisa konsentrasi karena masalah ini...dan selama kurun waktu 4 bulan saya sudah minum antibiotik selama 5 periode...kondisi saya dari awal ke dokter sampai saat ini Tidak mual,Tidak sakit perut,Tidak kembung,lalu ke belakang sehari 1-2 kali dan sering kentut,hanya saja konsistensi tinja masih sangat lembek,dan setelah minum antibiotik terakhir yaitu levoflaxacin badan saya jadi sering lelah

    sekali lagi dokter kalau dokter jadi saya,apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

    terimakasih dokter

    Halo terimakasih sudah bertanya di website alodokter. Saya akan membantu menjawab pertanyaan anda. 

     

    Feses atau tinja pada setiap orang memiliki kepadatan yang berbeda-beda, walaupun pada umumnya perubahan konsistensi tinja yang tidak padat dan terjadi lebih dari 3 kali dalam 24 jam dapat dikatakan sebuah masalah atau diare. Oleh karena itu jika memang saat ini keadaan tinja ada yang lembek namun keluar tidak lebih dari 3 kali dalam 24 jam dan juga tidak mengganggu aktivitas anda sehari-hari maka dapat dikatakan keadaan Anda ini bukanlah sebuah masalah yang amat sangat gawat. 

     

    Memang benar bahwa penggunaan antibiotik terlalu sering dan terlalu banyak dapat menimbulkan resistensi atau Kekebalan terhadap antibiotik tersebut. Memeriksakan tes resistensi terhadap antibiotik yang dilakukan oleh dokter merupakan hal yang sangat tepat agar menghindari terjadinya resistensi kuman. Sehingga Jika ternyata memang keluhan ini sangat membuat aktivitas Anda sehari-hari terganggu maka saya sarankan agar anda kembali memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam super spesialis gastroenterologi untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan serta penanganan lain. Beberapa tips yang dapat anda lakukan di rumah saat ini adalah : 

     

    • Konsumsi air putih minimal 2 hingga 3 liter perhari guna mencegah terjadinya dehidrasi
    • Kelola stres anda
    • Istirahat yang cukup minimal 8 jam sehari
    • Makan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan

     

    Silahkan baca artikel terkait di bawah ini :

     

    Diare

     

    Semoga jawaban ini dapat membantu anda

     

     

     

    Salam

     

     

     

    dr. Doddy