Tanya Dokter

  • Penyebab BAB hitam, perut kram, muntah

  • Selamat sore dok. Saya mau tanya... Saya mengalami muntah2 berupa cairan berwarna kuning dan warna hijau. Makanan yang saya makan juga langsung saya muntahkan. Selain itu saya mengalami kram perut akut bagian atas. Dan saat saya BAB berwarna hitam. Tapi kejadian muntah dan kram perut hanya berlangsung seharian saja. Setelah itu sudah tidak lagi tapi BAB saya masih tetap hitam. Ada apa ya dok? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    Hai, BAB hitam kemungkinan besar menandakan bahwa terdapat perdarahan di saluran cerna bagian atas, mungkin di kerongkongan, lambung, atau usus halus. Perdarahan mungkin terjadi akibat tukak lambung, pecahnya pembuluh darah di kerongkongan (varises esofagus), radang usus atau pada kondisi yang lebih jarang, akibat kanker. Mungkin juga BAB hitam tersebut diakibatkan oleh tingginya zat besi dalam diet sehari-hari. Adanya gejala penyerta seperti muntah dan nyeri perut mungkin menandakan memang betul terdapat masalah di saluran cerna Anda. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, USG hingga endoskopi untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan. Tips berikut mungkin membantu:

    • Konsumsi makanan lunak seperti bubur dan jus -- jika perdarahan (BAB hitam) masih terus terjadi, kebanyakan Dokter akan menganjurkan puasa sambil merencanakan dilakukannya endoskopi (peneropongan lambung). Puasa hanya dilakukan apabila Anda sudah diperiksa oleh Dokter dan dianjurkan olehnya.
    • Hindari stres dan kelelahan fisik
    • Istirahat cukup, tidur sekurangnya 7 jam sehari
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma