Tanya Dokter

  • Konsistensi feses keras dan keluar darah

  •  Pipin
    Anggota
    Selamat malam dok saya ingin bertanya Saat sayaa bab keras saya paksa keluar lalu berdarah setelah itu saya kira bab yg keras itu sudah hilang ternyata belum, sudah 3 hari ini saya tidak bab karna masih keras dan trauma berdarah. Jelas saja masih berdarah tapi pup tidak keluar. Saya harus bagaimana?

    Hai Pipin,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Konsistensi feses yang normal adalah lunak dan padat, tidak keras, apalagi encer. Feses yang keras biasanya terjadi karena feses tertahan di rektum dalam waktu yang cukup lama, sehingga terjadi penyerapan cairan yang berlebihan. Jika dipaksakan untuk keluar, maka feses yang keras ini bisa mengiritasi dinding saluran cerna bagian bawah. Pada akhirnya, muncullah perdarahan segar.

    Feses berdarah yang muncul didahului oleh feses yang mengeras bisa terjadi karena:

    • Hemorrhoid (wasir, ambeien); terjadi karena pembengkakan vena anus atau rektum bagian bawah yang pecah
    • Fissura ani; terjadi karena robekan dinding anus atau rektum bagian bawah
    • Fistula ani; terbentuknya saluran abnormal yang menghubungkan antara anus atau rektum bagian bawah dengan kulit luar
    • Infeksi kulit sekitar anus; misalnya Herpes genital, kukil kelamin, bisul, abses
    • Perdarahan saluran cerna bagian atas, misalnya karena tukak lambung, tukak duodenum, efek samping konsumsi OAINS (obat anti inflamasi non steroid) jangka panjang, pecah varises esofagus, dan sebagainya

    Yang perlu Anda lakukan saat ini adalah memeriksakan langsung ke dokter untuk memastikan apa yang menyebabkan keluhan Anda saat ini. Dokter umumnya akan menginspeksi langsung area anogenital Anda untuk menilai kemungkinan diagnosis berikut penanganan yang tepat. Jika dirasa perlu, dokter mungkin juga akan meresepkan obat pencahar untuk membantu melancarkan feses Anda.

    Sementara itu, sebaiknya perbanyak minum dan konsumsi serat (seperti sayur dan buah-buahan). Hindari kebiasaan menahan hasrat untuk buang air besar karena bisa membuat feses semakin mengeras. Tidak lupa, olahragalah secara teratur, hindari imobilitas, hindari stres, dan jaga selalu kebersihan anus serta organ intim Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah