Tanya Dokter

  • Mengatasi BAB keras pasca operasi tulang paha

  • Siang dok,sy kan habis operasi tulang paha,jd tidak bisa beraktifitas dan berbaring di tempat tidur.hari ini sy susah bab dan fesesnya keras sehingga hanya berhenti di pintu anus. Padahal beberapa hari yg lalu sy lancar bab. Karna 2hr ini sy mengkonsumsi omeprazol. dan juga sy mengalami sariawan di sebagian rongga mulut . Kira2 bagaimna dok mengatasinya?

    Shinta yang baik,

    buang air besar seseorang pada dasarnya banyak ditentukan dari pola makan dan gaya hidup. Lapisan usus seseorang yang cenderung licin karena dilapisi oleh selaput lendir pada dasarnya memungkinkan pergerakan feses dengan mulus. Namun demikian, feses yang terlalu kering dan keras, akan tetap sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini pada dasarnya bisa disebabkan oleh karena :

    • kurangnya asupan cairan
    • pola makan kurang serat
    • kurang gerakan tubuh juga menurunkan kerja saluran cerna. Kondisi ini bisa terjadi pada mereka yang diharuskan untuk bedrest misalnya pasca operasi atau karena menderita penyakit tertentu
    • beberapa kondisi psikis seperti depresi mempengaruhi pula pola buang air besar

    Langkah yang dapat dilakukan pertama kali ialah memastikan kecukupan cairan per hari yakni sekitar 2-3 liter per hari. Konsumsi sayur dan buah seperti pepaya dapat membantu membentuk konsistensi feses yang optimal untuk dikeluarkan. Bila kondisi masih tak kunjung membaik, mengonsumsi pencahar yang dijual secara bebas dengan terlebih dahulu memperhatikan petunjuk pemakaian juga dapat menjadi alternatif. Namun yang terbaik ialah memeriksakannya terlebih dahulu pada dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai konstipasi. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief