Tanya Dokter

  • Sulit BAB pada bayi

  •  Levine180517
    Anggota
    Salam dok.. Saya mau bertanya dok, anak saya laki-laki usia 7 bulan dan saat ini sudah mulai makan-makanan tambahan (bubur) dan selama ini menggunakan susu formula karna asi istri saya tidak mau keluar, selama usia 0-6 bulan BAB kadang-kadang keras juga namun saat sudah makan-makanan tambahan BAB anak saya menjadi selalu keras dan besar. Mohon bantuan dan sarannya untuk mengatasi masalah tersebut dok? Terimakasih..

    Salam,

    Dengan adanya riwayat BAB yang keras, maka kemungkinan menunjukkan BAB anak tidak biasa terjadi setiap hari. Adanya pola konsumsi sebelum usia 6 bulan, serta kebiasaan setelah usia 6 bulan dapat menjadi resiko gangguan kebiasaan BAB dan juga dapat memicu BAB lebih keras.

    BAB yang keras ini dapat disertai keluhan anak Anda tampak gelisah saat BAB, perlukaan pada dubur, atau BAB terjadi beberapa hari selanjutnya. Kondisi ini di sebut juga konstiasi pada bayi.

    Beberapa kondisi di bawah ini perlu diperltimbangkan untuk membantu mengurangi keluha konstipasi pada bayi Anda, yaitu:

    1. hindari memberikan takaran sufor yang berlebihan

    2. gunakan sufor yang cocok untuk bayi Anda, yang memberikan bentuk BAB lebih lembut dan tidak disertai warna gelap pada PUPnya

    3. berikan makanan bayi dengan konsistensi yang lebih encer, jangan terlalu kental

    4. pada makanan tambahan, berikan sayur dengan cara di haluskan dan disaring

    5. berikan buah-buah yang lembut untuk bayi Anda seperti pisang, berikan sesuai kebuthannya

    Bila Anda masih mendapatka keluhan, berkaitan dengan konstipasi pada bayi Anda, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter anak Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga konstipasi.

    dr.Ulfi