Tanya Dokter

  • BAB tidak lancar

  •  anonymous
    Anggota

    Hi dok, saya mhsiswa umur 19 thn.. sy punya masalah pd sistem pencernaan.. dulu sktr 7 bln yg lalu saya ingin diet sehat dengan minum teh herbal yg dijual di apotik, tehnya disebut teh jati cina.. efeknya sehari saya bab sampai 10x dan berat badan sayapun menurun.. tp karena mengganggu rutinitas sy, sy hentikan hanya sampai 2 hari.. setelah berhenti minum teh itu bab sy ga lancar, sebelumnya bab sy lancar setiap pagi walau sedikit. Yg sy rasakan, rasa begah di perut, sering platus dan sendawa, nafas jd agak sesak, perut membuncit dan keras.. sy pernah konsul ke dokter, tp dokter hanya menyarankan sy untuk minum byk air dan serat.. tp itu sudah sy lakukan, lbh sering makan buah pepaya.. tp ttp saja tdk ada efeknya, bab bisa sampe seminggu sekali itupun harus pake vegeta herbal yg anggur, dan saat babnya pun kadang awalnya keras tp setelah keluar yg kerasnya jd encer.. babnya pun seperti tdk ada dorongan dr otot untuk keluar.. mohon bantu sy untuk menanganinya dok.. mksh

    Halo,   Membaca kondisi yang Anda gambarkan maka kemungkinan Anda mengalami konstipasi dimana terjadi kesulitan BAB yang disebabkan karena bentuk feses yang keras dan kering. Konstipasi bisa disebabkan karena banyak faktor yakni :

    1. Pola makan kurang serat
    2. Dehidrasi
    3. Pelebaran usus rektum sehingga menyebabkaN feses lebih lama tertahan di bagian rektum dan mengeras sehingga menimbulkan kesulitan BAB.
    4. Stress
    5. Pola diet yang buruk
    6. dll.
    Mengatasi konstipasi bisa dilakukan dengan :
    1. Memperbanyak asupan serat = sayur, buah, jus, cereal, gandum, buah naga merah, pisang, pepaya, alpukat dll.
    2. Banyak minum air putih
    3. Olahraga rutin
    4. Mengurangi asupan rendah serat seperti daging, nasi putih, dll
    5. Stop obat diet Anda.
    6. Minum obat pencahar, ingat untuk tidak terlalu sering menggunakan obat ini. Penggunaan obat pencahar berlebihan justru akan merusak kekuatan otot untuk mengedan yang bisa memperburuk konstipasi Anda.
    7. Kelola stress.
    8. Minum probiotik.
    9. Kompres hangat perut yang terasa begah dan kembung.
    10. Minum yogurt.
    Baca artikel Melancarkan BAB secara alami. Baca topik Sulit BAB. Jika dengan pola diet diatas keluhan Anda tidak membaik maka segera periksakan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan optimal.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi