Tanya Dokter

  • Apa baby blues bisa terjadi sebelum melahirkan?

  •  bellae
    Anggota

    Dok..sy mau tanya apakah baby blues bisa terjadi sebelum melahirkan? Tolong dijawab dok..mkasih

    Hai, Pada umumnya sindrom baby blues terjadi pada masa awal kelahiran bayi, sekitar 4-5 hari pertama setelah kelahiran. Hal ini dikarenakan perubahan mendadak setelah kedatangan bayi yang konstan menuntut perhatian penuh, perubahan pola tidur , makan yang tidak teratur, dll. Namun ada juga beberapa kasus sindrom baby blues terjadi sebelum bayi lahir. Biasanya disebabkan rasa cemas berlebih dan ketakutan menjalani proses persalinan nantinya. Apalagi jika ditambah kurangnya support pasangan saat proses kehamilan. Gejala baby blues:

    1. perubahan mood yang cepat.
    2. rasa ingin menangis dengan alasan yang tidak jelas
    3. Tidak sabaran.
    4. Rasa lelah berlebih.
    5. Tidak bisa tidur.
    6. Rasa sedih yang berlebihan.
    7. Rasa ketakutan.
    8. Ceroboh.
    9. dan lainnya
    Biasanya gejala baby blues akan menghilang dengan sendirinya setelah 2-3 minggu melahirkan. Namun Anda bisa menambahkan langkah berikut untuk mengurangi sindrom baby blues :
    1. Persiapkan dengan matang proses kehamilan Anda. Siapkan pernak pernik si kecil dan ibu dalam tas yang sudah siap.
    2. Olahraga teratur.
    3. Makan gizi seimbang.
    4. Beri libur diri Anda atau bermain ke taman yang tenang dan sejuk, jangan biarkan diri Anda terkurung terus dalam rumah.
    5. Jangan terlalu mendengar komentar negatif tentang betapa sulitnya persalinan. Lebih baik belajar mengatur napas dan senam kehamilan yang terbukti bisa melancarkan proses kelahiran nantinya.
    6. Berkomunikasi dengan pasangan dan ceritakan perasaan Anda.
    7. Banyak membaca tentang gejala melahirkan dalam buku / jurnal akan membantu Anda untuk tidak khawatir berlebih jika saat melahirkan itu tiba.
    8. Tidak ada seorang wanita yang begitu melahirkan langsung menjadi ibu yang sempurna, semua butuh proses dan pembelajaran,
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    bellae  bellae
    Anggota

    Trima kasih dok..