Tanya Dokter

  • Penyebab bayi anak usia 3 bulan cair dan lebih dari 4 kali sehari

  •  Yessy Frischa
    Anggota
    Siang dok, sya mau tanya. Baby sya bru umur 3blan. Sejak seminggu kemarin BAB nya lancar setiap hari dg warna fasesnya kuning cerah dan lembek. Tpi kemarin baby sya BABnya lebih dri 4x. Pdahal baby sya hanya minum susu formula dan kadang2 kalau minum formula tangan dan kakinya sangat aktif. Itu kenapa ya dok??

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Diare merupakan kondisi yang ditandai dengan encernya tinja yang dikeluarkan dengan frekuensi buang air besar (BAB) yang lebih sering dibandingkan dengan biasanya. Diare pada anak dapat disebabkan karena beberapa hal, mulai dari alergi (bisa karena susu sapi yang dikonsumsi) , infeksi saluran pencernaan, keracunan, kontaminasi makanan, dan lain-lain.

    Berikut tips penanganan awal diare pada anak :

    • Konsumsi oralit, terutama jika anak tidak bisa makan. Konsultasikan mengenai dosis oralit dengan dokter.
    • Dapat diberikan suplemen zinc (sesuai dosis dan anjuran dokter)
    • Perbanyak konsumsi cairan
    • Tetap berikan makanan pada anak, jika anak telah dapat makanan
    • Perhatikan tanda bahaya : Demam, anak semakin lemas, tidak mau makan atau minum, tangan dan kaki dingin, cenderung mengantuk dan tidur saja, BAB berdarah

    Penanganan diare yang terpenting adalah mencegah timbulnya dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika tanda bahaya seperti mata cowong, ubun-ubun cekung, anak tidak sadar, rewel, demam, semakin lemas, bab berdarah, atau tangan dan kaki dingin ditemukan, segeralah bawa anak Anda untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan segera oleh dokter. Penanganan diare akan disesuaikan dengan penyebab yang mendasarinya. 

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti