Tanya Dokter

  • Penyebab bayi suka ngeden dan feses berwarna hijau

  •  mida
    Anggota
    Ass... dok baby saya 4 bulan ne... dari umur 1 bulan sudah mnm sufor dok krn asi sya tidak mncukupi., tetapi bab nya hijau ampe skrg trs blakangan ini dia suka sperti org mengejan tpi tidak bab,,, trs klo bab pasi mengejen ampe mukanya merah tetepi bab nya lembek... apakah itu karena sufornya yaa dok...?? apakah alergi sufornya bisa trjadi baru skrg.??? trs dia suka maen ludah tetapi masih aktif n BB ada kenaikan tiap bualan nya

    Waalaikumsalam wr. wb. mida,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Bayi yang sudah mendapatkan makanan atau minuman tambahan selain ASI pada usia yang masih muda memang kerap memiliki masalah terkait buang air besar. Sering mengejan yang bayi Anda alami bisa menandakan rasa tidak nyaman yang anak Anda rasakan di saluran pencernaannya. Penyebab salah satunya adalah karena konsumsi susu formula tertentu. Demikian juga dengan fesesnya yang berwarna hijau. Penyebabnya bisa berasal dari kandungan laktosa yang tinggi dalam susu formula. Berbagai efek samping pemberian susu formula ini memang tidak selalu terjadi sejak pertama kali konsumsi.

    Di samping itu, berbagai keluhan yang anak Anda alami mungkin juga disebabkan oleh gastroenteritis, penyakit Crohn, penyakit celiac, dan sebagainya.

    Selama bayi tidak rewel, tidak malas menyusu, dan pertumbuhannya baik sesuai usianya, umumnya kondisi ini tidak berbahaya. Namun, untuk memastikannya, Anda bisa memeriksakan anak Anda langsung ke dokter spesialis anak ya.. Jika benar masalahnya terletak pada susu formula yang ia konsumsi, maka dokter kemungkinan akan menyarankan Anda untuk mengganti susu formulanya sembari melakukan relaktasi (menyusui ASI kembali).

    Sementara itu, berikut tips yang bisa Anda lakukan:

    • Stop pemberian susu formula menggunakan dot, ganti dengan sendok atau cup feeder
    • Sementara, pilih susu formula yang tidak mengandung laktosa (free-lactose)
    • Sering-sering menyusui bayi Anda ASI setiap 2 jam sekali
    • Perah ASI Anda saat tidak sedang disusui setiap 2 jam sekali
    • Secara perlahan, kurangi volume pemberian susu formula dan tingkatkan frekuensi menyusui ASI
    • Perbanyak ASI Anda dengan banyak minum, makan makanan bergizi, hindari stres, dan istirahat yang cukup
    • Lakukan pijat bayi untuk melancarkan fungsi pencernaanya, yakni dengan membaringkan bayi di alas yang nyaman, pijat perutnya dengan arah memutar searah jarum jam, lalu gerakkan kaki bayi seperti sedang mengayuh sepeda
    • Jaga kebersihan lingkungan sekitar bayi

     

    Artikel berikut mungkin berguna:

    Memilih susu formula

    Mengapa menyusui ASI?

    BAB bayi hijau

     

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah