Tanya Dokter

  • Hasil Lab Sekret Uretra

  • Salam sejahtera buat dokter.

     

    saya habis melakukan test lab sekret uretra dikarenakan istri saya mengalami keputihan jd dokter yang menangani nya meminta saya untuk test jg kesehatan alat kelamin saya.

     

    hasil test nya

    GO : tak ditemukan

    Trichomonas : tak ditemukan

    Candida Albicans : tak ditemukan

    Lain-lain ditemukan : epitel : 3-5 /LPB

    leukosit : 2-3 / LPB

    kuman batang gram : negative

    kuman coccus gram : positive

    bisa tolong dijelaskan hasil lab saya ini.

    mengapa bs ada kuman tersebut? dan apakah berdampak pada keputihan di istri saya?bagaimana cara mengobatinya.

     

    mohon penjelasannya

    atas waktu dan jawabannya saya sampaikan banyak terima kasih

     

    Hai. Adanya kuman coccus gram ini dapat bermacam-macam kuman yang memiliki bentuk coccus. Bentuk coccus ini adalah berupa seperti rantai bulat-bulat yang menyambung. Selain itu, apakah kuman ini gram positif atau negatif penting untuk menilai kemungkinan penyebab. Bakteri seperti Chlamydia trachomatis ataupun Neisseria gonorrhea juga berbentuk coccus. Selain itu bakteri lain juga dapat memiliki bentuk serupa. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter anda mengenai kondisi yang anda alami dimana pemeriksaan ini bersifat menunjang dan gejala klinis yang anda alami amat sangat membantu dalam penentuan penyebab. 

    Jika anda memiliki masalah tertentu seperti infeksi menular seksual, infeksi pada saluran kemih (uretritis atau infeksi pada saluran kemih yang menghubungkan kandung kemih dan dunia luar), maka hal ini dapat menular ke istri anda melalui hubungan seksual ataupun sebaliknya.

    Faktor resiko utama adalah adanya hubungan seksual yang beresiko seperti hubungan seksual dengan banyak pasangan dan hubungan dengan pasangan yang tidak jelas riwayatnya. Mengingat sifat infeksi yang dapat memberikan fenomena ping pong, mengobati keduanya dalam hal ini anda dan pasangan penting untuk memutus rantai penularan. Selain itu, disarankan tidak berhubungan seksual selama pengobatan.  

    Secara umum, pada istri anda, keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh 

    1. Trikomoniasis 

    2. Vaginosis bakterial

    3. Candidiasis

    4. Kanker serviks

    5. Gonore

    Konsultasikan kembali dengan dokter anda mengenai kondisi yang dialami anda dan istri anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa