Tanya Dokter

  • Penjelasan hasil usg kehamilan

  •  Iedha Ariyani
    Anggota
    Pagi Dok... Saya ida ,, saya mau tanya hasil usg saya kmren waktu usia kehamilan menginjak 7 bulan(menurut bidan).Saya kurang mengerti,,dan memang pada saat itu dokter yg periksa saya kurang jelas menerangkannya,,saya ingin tahu apa hasil usg saya normal kah?? Dan menurut hasil usg dibawah ini,,usia kehamilan yg benar yg mana ya dok kok ada 3 ?? Saya kurang jelas,,mohon penjelasannya ya dok... Terima kasih sebelumnya
    Iedha Ariyani  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Iedha,

    Sebelumnya mohon maaf, tidak ada foto USG yang terlampir sehingga saya tidak bisa menjelaskan hasil USG Anda secara mendetail. Disini saya akan menjelaskan mengenai USG kehamilan secara umum ya.

    Salah satu hal yang bisa diketahui dari pemeriksaan USG kehamilan adalah usia kehamilan. Dokter akan mengukur beberapa parameter seperti lingkar kepala janin, panjang paha janin, lingkar perut janin, dll untuk kemudian dikonversi menjadi perkiraan usia kehamilan dan perkiraan hari lahir oleh alat USG.

    Ukuran-ukuran ataupun angka-angka yang ada pada lembaran USG sebenarnya ditujukan untuk dokter kandungan yang memeriksa Anda. Dokter akan membaca angka tersebut dan menjelaskan mengenai hasil USG Anda. Beberapa informasi yang mungkin dibutuhkan oleh Anda seperti usia kehamilan, hari perkiraan lahir, taksiran berat janin, jenis kelamin janin, umumnya akan dijelaskan dan ditulis dokter di rekam medis Anda serta terkadang akan ditulis di buku KIA Anda. Anda bisa mencoba mencari keterangan dokter di buku KIA yang Anda miliki ya.

    Selain mengetahui usia kehamilan dan hari perkiraan janin, USG juga bisa digunakan untuk melihat taksiran berat janin, kondisi cairan ketuban, kondisi plasenta, denyut jantung janin, jenis kelamin janin, dan pergerakan janin. Secara umum janin usia 7 bulan kehamilan memiliki taksiran berat janin lebih dari 1 kg, dan panjangnya 36,8-39 cm.

    Adapun mengenai usia kehamilan sendiri tidak hanya dilihat melalui USG saja. Apabila sebelum hamil siklus menstruasi Anda teratur, maka usia kehamilan dan hari perkiraan lahir bisa dihitung menggunakan rumus dari hari pertama menstruasi terakhir Anda. Saat ini juga sudah banyak tersedia kalkulator usia kehamilan yang ada di internet sehingga Anda bisa menghitung dengan mudah usia kehamilan Anda. Namun apabila siklus menstruasi sebelumnya tidak teratur, maka akan digunakan USG untuk menentukan usia kehamilan dan hari perkiraan lahirnya.

    Apabila Anda merasa kurang jelas dengan penjelasan dari dokter kandungan, Anda sangat boleh untuk bertanya sejelas-jelasnya pada dokter yang memeriksa. Sebaiknya Anda melakukan kontrol kehamilan kembali 1 bulan lagi atau sesuai dengan jadwal kontrol yang diberikan dokter ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Hamil 7 bulan

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y