Tanya Dokter

  • Timbul bintik-bintik merah di badan

  •  Fiqar
    Anggota

    dokter, saya berumur 20 tahun, sejak umur 14 tahun badan saya muncul bintik-bintik-bintik merah, sekitar area dada sampai perut, terus lengan, dan bagian belakang bagian bawah badan saya, dan sampai sekarang bintik-bintik tidak hilang dokter, ini penyebabnya apa dokter??

    Hai, Bintik-bintik merah yang timbul pada tubuh dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan bintik merah yang terjadi dalam jangka waktu lama pada kulit :

    1. jerawat ataupun komedo
    2. infeksi jamur - seperti tinea (kurap), ptyriasis versikolor
    3. infeksi parasit - pedikulosis, skabies (kudis)
    4. miliraria (biang keringat)
    5. dermatitis atopik
    6. psoriasis
    7. lichen planus
    8. dan lainnya
    Untuk mengetahui dengan pasti penyebabnya diperlukan adanya pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Dokter perlu untuk mengetahui gejala penyerta, seperti apakah gatal atau nyeri, apa yang memicu timbulnya, dan lainnya. Selain itu dokter juga harus melihat dan memeriksa secara langsung lesi pada kulit tersebut, bagaimana bentuk, persebarannya, dan sebagainya. Selain itu dokter juga mungkin meminta Anda untuk melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes lab darah, tes kerok kulit, dan lainnya. Jika penyebab telah diketahui, maka dokter dapat memberikan pengobatan yang paling tepat untuk keluhan yang Anda alami. Berikut merupakan beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan :
    1. mandi dua kali sehari dengan sabun ringan
    2. jaga kelembapan kulit, jangan biarkan kulit terlalu kering maupun lembap
    3. jangan menggunakan handuk dan pakaian secara bergantian
    4. gunakan pakaian dengan bahan lembut dan menyerap keringat
    5. secara rutin jemur kasur di bawah matahari
    6. dan lainnya
    Semoga membantu, dr. Dian Paramitasari