Tanya Dokter

  • Mengatasi badan gatal dan tumbuh bisul di kaki bagian atas betis

  •  Ramli Kenan
    Anggota

    Siang dokter , saya mau nanya nih 3 hari lalu saya ada berhubungan intim dengan seorang pekerja seks , saat ini saja seperti gatal di seluruh tubuh dan juga ada tumbuh bisul di kaka betis bagian atas . Saya khawatir terserang penyakit yang sangat berbahaya bos , dan sekarang saya seperti merasa menyesal dan kepikiran terus . Mohon di jelaskan ya dokter apakah ini hanya sugesti atau memang ada penyakit yang berbahaya soalnya saya sedang diluar jadi tidak bisa ke dokter.

    Halo Ramli, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Penyakit menular seksual adalah salah risiko bagi setiap orang yang berhubungan seksual tanpa pengaman (kondom) dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya. Umumnya penyebaran mikrooganisme terjadi melalui darah, sperma, cairan vagina, ataupun cairan tubuh lainnya.

    Secara umum, penyakit menular seksual bisa dikelompokkan berdasarkan gejala yang ditimbulkannya :

    1. Duh tubuh atau kencing nanah - menandakan keberadaan infeksi gonore, klamidia
    2. Luka di sekitar area kelamin - biasa merupakan gejala dari penyakit sifilis, chancroid, herpes genitalis
    3. Benjolan di sekitar area kelamin - seperti pada penyakit kutil kelamin, limfogranuloma venerem (benjolan di lipat paha akibat pembengkakan kelenjar getah bening)

    Meskipun demikian, beberapa penyakit menular seksual, seperti HIV atau hepatitis B tidak menimbulkan keluhan di sekitar area kelamin. Skrining penyakit menular seksual tetap dianjurkan bagi individu yang melakukan perilaku berisiko.

    Terkait keluhan Anda berupa bisul di bagian atas betis, besar kemungkinan tidak terkait dengan penyakit menular seksual. Melainkan infeksi bakteri di lokasi tersebut yang menimbulkan penumpukan nanah. Untuk memastikannya, sebaiknya berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Melalui pemeriksaan fisik dan tes tambahan, seperti tes darah, dokter akan menentukan penyebab sekaligus penanganan yang tepat. Bagi bisul yang kecil, biasa diobati dengan antibiotik dan antinyeri, serta perawatan bagi area yang bernanah. Sedangkan bisul dengan ukuran besar mungkin memerlukan prosedur pembedahan.

    Silahkan baca lebih lengkap mengenai bisul

    Semoga bermanfaat ya

    dr. Lili