Tanya Dokter

  • Badan kaku tidak bisa digerakkan saat bangun tidur malam

  •  Fatih Darma
    Anggota

    Selamat pagi dok. Saya ingin bertanya kenapa ya setiap pagi (bangun tidur) terkadang badan saya kaku dok, seluruh badan.. tapi yang paling sering terkena adalah bagian kaki dan tangan.. susah sekali untuk bangun dari tempat tidur dan menggerakan tangan. menggengam pulpen untuk menulis pun kesulitan.

    saya terkena penyakit ini sejak kelas 2smp. ketika itu saya tidak tahu kenapa badan saya tidak enak setelah bangun tidur. seperti agan gerah, nah akhirnya saya minum soda tanpa diduga itu membuatnya semakin parah. akhirnya saya benar2 tidak bisa menggerakan seluruh badan saya.

    sejak saat itu saya sering analisis sendiri, sebab kalo periksa didokter umum selalu hasilnya berbeda, ada yang bilang keram perut (karena ketika kambuh saya bersin tidak enak diperut seperti tertarik) dan lain - lain.

    penyakit ini adalah penyakit keluarga dok, turunan karena kakak2 dan sepupu saya juga kena. penyakit ini akan timbul ketika malam hari saya makan malam, apa lagi makanannya seperti mie instan, mie goreng tek2, santan2. sudah dipasetikan pagi hari pasti salah satu badan saya ada yang kaku. namun untuk mencegahnya saya biasa minum air kelapa. kalo badan saya sakit saya minum kelapa lama kelamaan badan enak kembali.

    kaku ini tidak sakit dok hanya sulit digerakan. namun jika saya paksakan untuk bergerak akan sakit, tidak ada pembengkakakan. lama2 penyakit ini akan hilang sendiri 1hari atau kalo saya minum kelapa.

    kira2 ini penyakit apa ya dok. sana baca2 sih seperti rheumatoin arthritis namaun kalo disana disertai pembengkakan sedangkan saya tidak sama sekali.

    mohon dijawab ya dok terima kasih..

    Halo, Rasa kaku saat pagi hari dapat disebabkan oleh hal-hal di bawah ini :

    Jika Anda masih berusia muda dan gejala ini sering muncul saat kamu memakan makanan atau minuman tertentu, maka fibromyalgia dapat menjadi pertimbangan khusus. Karena pernah dilaporkan kasus munculnya fibromyalgia setelah memakan makanan tertentu yang mengandung penyedap atau minuman yang mengandung zat tambahan. Tetapi bagaimanapun agak cukup sulit menegakkan diagnosis fibromyalgia karena kemiripannya dengan gejala-gejala penyakit yang lain dan penyakit ini tidak memiliki gejala atau tanda yang khusus. Pada umumnya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan foto XRay untuk menyingkirkan adanya kemungkinan penyakit lain sebelum mendiagnosis dengan fibromyalgia. Silahkan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk memastikan apakah penyebab yang Anda alami saat ini. Selain itu sangat disarankan agar Anda menghindari makanan yang mengandung penyedap atau pewarna, makanan instant atau olahan dan minuman kalengan. Semoga membantu, dr. Tri

    Fatih Darma  Fatih Darma
    Anggota

    dr. Tri Permatadewi July 30, 2015 at 2:50 pm Halo, Rasa kaku saat pagi hari dapat disebabkan oleh hal-hal di bawah ini : Jika Anda masih berusia muda dan gejala ini sering muncul saat kamu memakan makanan atau minuman tertentu, maka fibromyalgia dapat menjadi pertimbangan khusus. Karena pernah dilaporkan kasus munculnya fibromyalgia setelah memakan makanan tertentu yang mengandung penyedap atau minuman yang mengandung zat tambahan. Tetapi bagaimanapun agak cukup sulit menegakkan diagnosis fibromyalgia karena kemiripannya dengan gejala-gejala penyakit yang lain dan penyakit ini tidak memiliki gejala atau tanda yang khusus. Pada umumnya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan foto XRay untuk menyingkirkan adanya kemungkinan penyakit lain sebelum mendiagnosis dengan fibromyalgia. Silahkan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf untuk memastikan apakah penyebab yang Anda alami saat ini. Selain itu sangat disarankan agar Anda menghindari makanan yang mengandung penyedap atau pewarna, makanan instant atau olahan dan minuman kalengan. Semoga membantu, dr. Tri
    iah dok betul sekali.. anehnya penyakit ini timbul ketika tidur malam.. selalu begitu kalo tidur siang tidak. dan ketika ingin tidur pun saya tidak merasakan apapun.. namun ketika saya udah tidur 2-3 jam lalu melek kembali.. penyakit ini suka kambuh.. itulah yang di anehkan.