Tanya Dokter

  • Sering pusing, tidak nafsu makan, dan dada sesak

  • Pagii dok . mau tanyaa ! kalo habis duduk terus berdirii itu rasanyaa pusingg pandangan gelap . itu kenapa dok ?? akir* inii saya juga seringg pusiing nggak napsu makan . terus dadaa ituu sedakk .

    Halo,   Kondisi pusing dan pandangan terasa gelap setelah berubah posisi mungkin disebabkan karena pengaruh hipotensi postural yang terjadi pada tubuh. Biasanya gejala akan menghilang beberapa detik setelah perubahan posisi tersebut. Untuk mengatasinya maka rajinlah berolahraga, hindari melakukan perubahan posisi dari duduk atau jongkok lalu berdiri terlalu cepat, cukup istirahat, makan makanan bergizi seimbang dll. Baca topik Hipotensi postural. Dada yang sering sesak bisa jadi merupakan indikasi adanya penyakit seperti :

    1. Asma
    2. PPOK
    3. Bronkitis
    4. Gangguan jantung
    5. Kurang olahraga
    6. Stress psikis
    7. dll
    Untuk memgetahui secara pasti penyebab keluhan Anda maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk tes fisik dan tes medis seperti tes darah, Rontgen, USG dll jika diperlukan. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan secara optimal. Untuk mengurangi keluhan Anda, maka Anda bisa melakukan:
    1. olahraga teratur sesuai kemampuan.
    2. banyak minum air putih
    3. Cukup istirahat
    4. Makan gizi seimbang
    5. Penggunaan bra yang kurang sesuai.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi