Tanya Dokter

  • badan lemas, lengan dan kaki terasa berat

  •  kaori
    Anggota

    Selamat malam, Dok. Saya akhir-akhir ini merasa ada yang salah dengan kondisi tubuh saya; lengan dan kaki terasa berat (misa ketika menyisir rambut, lengan terasa berat, ingin langsung diluruskan lagi, atau ketika menaiki tangga, kaki terasa berat padahal hanya menaiki tangga ke lantai dua). Selain itu, ketika berbaring, lalu memainkan hape, lengan yang menyangga hape juga terasa berat.

    Dalam posisi tsb (lengan yang naik dan kaki yang naik), saya merasa seolah bagian ujung-ujung jari agak kebas. Kemarin lutut saya juga sempat gemetar ketika berjalan (lutut kanan terasa ada yang aneh, lutut kiri sehat, tapi keduanya agak gemetar seperti orang duduk yang susah ketika akan berdiri ---padahal saat itu saya tidak membawa apapun).

    Kiranya apakah gejala tsb berkaitan dengan penyakit dalam? Ayah saya kebetulan ada riwayat stroke, darah tinggi, dan asam urat. Ibu saya ada riwayat darah rendah.

    (apakah obat tidur yang berlebih bisa jadi penyebab kondisi tsb? Sekitar sebulan yang lalu saya sempat menenggak beberapa obat tidur tapi tidak merasakan efek kantuk bahkan hingga dua hari stlhnya. Sebelumnya, sayabelum pernah mengalami kondisi tsb (lengan dan kaki terasa berat) dan tidak mudah lelah apalagi sampai lutut gemetar.

    Mohon penjelasannya, Dok. Apakah perlu segera diperiksakan ataukah hanya kondisi abnormal sementara yang bisa sembuh dalam beberapa waktu?

    Hai, Obat tidur yang berlebih bisa saja menyebabkan kondisi badan terasa lemas. Gemetar (tremor) diantaranya dapat disebabkan oleh:

    • kelelahan, karena aktifitas berlebih atau kurang tidur
    • suhu terlalu dingin atau panas
    • kelenjar tiroid terlalu aktif (hipertiroid)
    • obat, misalnya antidepresan atau obat asma
    • gangguan pada area otak tertentu
    • gangguan persarafan atau pergerakan otot involunter/spasme otot (distonia)
    • kondisi stres, cemas, atau marah
    Usahakan untuk memiliki waktu istirahat cukup dan dapat mengelola stres dengan lebih baik. Konsumsi makanan bergizi secara teratur. Perbanyak minum air mineral. Batasi konsumsi kafein/ alkohol, serta tidak merokok. Disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah, CT scan/ MRI, dapat membantu untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang timbul. Sehingga penanganan akan diberikan sesuai penyebab dasarnya. Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto