Tanya Dokter

  • kemungkinan mengalami anemia pada penderita varikokel

  •  Jaff Ma
    Anggota
    Umur saya 14th saya menderita varikokel, akhir akhir ini badan lemas kepala sering pusing,apakah varikokel bisa menyebabkan anemia? Terima kasih

    Halo Jaff.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, varikokel merupakan pemanjangan pembuluh darah Vena dalam skrotum yang mirip dengan varises pada kaki. Skrotum sendiri merupakan kantong kulit di bawah penis dan berisi testis.

    Pada umumnya varikokel tidak menimbulkan gejala, dan juga biasanya tidak menyebabkan timbulnya suatu penyakit anemia. Gejala varikokel yang biasanya dirasakan adalah timbulnya rasa sakit pada bagian kantong zakar. Gejala sakit biasanya semakin terasa pada saat penderita berdiri ataupun melakukan aktivitas fisik terlalu lama, dan mereda pada saat penderita berbaring.

    Kondisi lemas yang Anda alami saat ini memang dapat saja disebabkan oleh karena anemia, tapi kemungkinan kecil disebabkan oleh karena varikokel. Selain anemia, kondisi lemas juga dapat disebabkan oleh : stres psikologis, dehidrasi, dilanda kesedihan, kurang gizi, tekanan pekerjaan, kekurangan elektrolit, problematika kehidupan sehari-hari, infeksi saluran pernafasan, infeksi saluran kemih, gangguan pada kelenjar tiroid, penyakit hati, dan lain sebagainya.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan melakukan pola hidup sehat, diantaranya adalah : Kelola stress psikologis, makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu, minum air putih minimal 2 Liter perhari, tidur dan istirahat yang cukup, perbanyak makan buah dan sayur, stop merokok dan jangan minum minuman keras, olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.

    Jika setelah Anda melakukan pola hidup sehat kondisi lemas yang Anda alami masih saja dirasakan, maka kami sangat menyarankan untuk segera menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    POLA HIDUP SEHAT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati