Tanya Dokter

  • Penyebab demam, sakit punggung, diare, mutah dan pegal

  •  risma
    Anggota
    Dok saya mau bertanya. Sudah 3 hari ini saya sakit. Hari pertama dan kedua saya sakit kepala, demam, sakit di punggung. Lalu hari ini saya tiba tiba mencret, muntah muntah, badan saya sakit semua apalagi pada bagian panggul. Saya sakit apa dok?

    Halo,terimakasih telah bertanya di forum alodokter.
    Untuk keluhan anda berupa mual,muntah,demam,mencret dapat disebabkan oleh penyakit bernama gastroenteritis akut/peradangan pada usus ataupun dapat disebabkan oleh hal lain. Serta dapat merupakan gejala dari infeksi pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri ataupun virus. Misalnya oleh karena makanan yang tidak higienis dan mengandung bakteri.
    Beberapa kondisi tersebut,yang dapat menyebabkan muntah dan mencret serta keluhan anda adalah:
    1. Penyakit asam lambung
    2. Gastroenteritis (peradangan pada lambung,merupakan penyebab yang paling sering dari timbulnya mual,muntah,diare,dikarenakan infeksi bakteri pada saluran pencernaan)
    3. peradangan pada usus
    4. tifus
    5. Infeksi bakteri atau virus lain
     Disarankan anda berkonsultasi ke dokter umum atau ke UGD jika keluhan anda tak kunjung hilang,disertai lemas,penurunan nafsu makan,serta mencret dan muntah terus menerus,agar tidak mengalami dehidrasi dan membantu meringankan gejala,anda dapat melakukan hal berikut:
    1. Tetap konsumsi cairan dan oralit agar tidak dehidrasi
    2. Anda dapat mengkonsumsi minuman manis,serta makanan yang lunak seperti bubur
    3. Tidak makan makanan yang tidak higienis
    4. istirahat cukup,anda dapat mengkonsumsi obat penghilang nyeri sementara untuk keluhan nyeri pada badan anda (hati-hati riwayat alergi)
    5. tidak melakukan aktivitas berlebihan
    Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. celleen