Tanya Dokter

  • Demam dan sulit menelan makanan selama beberapa hari

  •  Rika.
    Anggota

    Selamat pagi dok,

    Beberapa hri yg lalu sy mengalami demam dan kesulitan utk menelan makanan. Saat sy berobat ke puskesmas terdekat hnya diberikan paracetamol, vit. C dan obat maag ( krna ada riwayat maag ). Demam/sumeng pas sy ukur hanya kisaran 37°, tapi ini berlanjut hingga skrg yg sangat bikin tubuh tdk nyaman. Normal ngga sih dok gejala sprti ini? Apakah sy perlu melakukan cek darah ? Mohon advisenya ya dok. Thank you.

    Dear Rika, Rasa nyeri yang dialami saat menelan dalam istilah medis disebut odinofagia yang dirimbulkan oleh saluran pencernaan yang berfungsi dalam proses menelan yaitu tenggorokan/faring dan esofagus (jarang terjadi). Nyeri tenggorokan paling banyak terjadi akibat peradangan pada faring, dikenal dengan istilah faringitis. Faringitis bisa terjadi akibat infeksi ataupun iritasi. Anda dapat membaca diskusi dan artikel tentang faringitis di bawah ini. Nyeri tenggorok Faringitis Faringitis juga dapat disertai gejala yang lain seperti demam, sakit kepala, kelenjar leher yang bengkak, amandel atau tonsil yang membesar, nyeri otot, batuk dan pilek. Jika faringitis yang anda alami disertai dengan gejala-gejala seperti diatas sebaiknya anda mengunjungi dokter agar dilakukan pemeriksaan lanjutan dan diberikan pengobatan yang tepat karen kemungkinan besar faringitis yang anda alami disebabkan oleh infeksi. Jika demam yang anda alami sudah lebih dari 3 hari dan ingin mengecek darah, sangat disarankan. Karena dengan mengecek darah maka dokter dapat menyingkirkan kemungkinan penyakit lain yang menjadi penyebab demam yang anda alami. Beberapa tips untuk mencgah terjadinya faringitis adalah sebagai berikut:

    • Konsumsi air putih yang cukup minimal 2 liter dalam satu hari
    • Makan teratur dan makan makanan bergizi yang tidak mengandung MSG/bahan pengwet.
    • Hindari makanan dan minuman yang dapat menyebabkan iritasi seperti makanan yang terlalu panas/dingin, makanan yang terlalu pedas, minuman beralkohol, dan rokok
    • Berkumur dengan air garam atau antiseptik untuk mengurangi nyeri ternggorok
    • Istirahat cukup minimal 8 jam dalam 1 hari
    Terimakasih Semoga membantu. dr.yosephine U L Simanungkalit