Tanya Dokter

  • Telinga mengeluarkan cairan berbau dan berwarna seperti nanah

  • selamat siang dok,nama saya Nita Saya BerUmur 18. Saya ingin menceritakan penyakit saya yg sudah lama saya alami,sejak kecil telinga saya bermasalah selalu keluar cairan seperti nanah dan berbau tidak sedap,sampai sekarang penyakit ini masih ada pada diri saya,saya ingin sekali menghilangkannya dok tapai saya gak tau obatnya apa,saya juga tidak punya uang untuk membeli obat yang mahal karna sya dari keluarga yg sederhana. apa ada cara alami untuk.menyembuhkannya dok ? Dok minggu2 ini sya belum menstruasi sudah 1 bulan lebih mgkn udh mau 2 bulan sya tidak tau ada apa dengan diri saya dok,saya kira dengan sya punya adik perempuan itu berpengaruh dengan menstruasi yg blm saya alami bulan2 ini,saya belum periksa ke dokter karna saya masih ngumpulin uang, dok apa tidak apa2 sya tidak mengalami haid bulan2 ini,bagai mana juga cara kita agar kita cepat haid karna sya takut terjadi apa2 dengan saya dok. mohon solusinya dok terimakasih.

    NiThong NaGwanasaba  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Nita, Keluarnya cairan berbau dan berwarna seperti nanah dari telinga yang telah berlangsung lama secara medis dikenal dengan sebutan otitis media supuratif kronik atau dalam bahasa awam disebut 'congek'. Kondisi ini merupakan kelanjutan infeksi saluran pernafasan atas (batuk, pilek) yang tidak diobati dengan tuntas sehingga menyebabkan radang telinga tengah akut yang selanjutnya menyebabkan kebocoran gendang telinga, dimana kebocoran tersebut menetap dan disertai dengan pengeluaran sekret/ cairan terus menerus atau hilang timbul (terutama bila kemasukan air) Pengobatan congek adalah dengan pemberian antibiotik, baik diminum ataupun tetes sehingga liang telinga kering. Oleh karena itu, segera periksakan keluhan Anda ke dokter terdekat, karena congek yang tidak diobati dapat berkomplikasi hingga menyebabkan ketulian. Beberapa saran yang dapat dilakukan di rumah adalah :

    • jaga agar telinga tetap kering, hindari kemasukan air ke dalam liang telinga
    • hindari berenang hingga kondisi gendang telinga menutup, atau bila berenang gunakan sumbat telinga
    Baca diskusi mengenai congek Mengenai gangguan menstruasi yang Anda alami, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat menyebabkan kondisi tersebut, antara lain :
    • ketidakseimbangan hormon, terutama sering dialami selama masa pubertas atau selama 5 tahun pertama mestruasi
    • perubahan pola hidup, misalnya perubahan pola makan(terlalu banyak atau sedikit/diet), kurang istirahat
    • stres psikis
    • dll
    Baca artikel mengenai gangguan siklus menstruasi Demikian, semoga membantu dr. Rico Novyanto  

    NiThong NaGwanasaba  sriintan
    Anggota

    Mohon maaf saya hanya ingin menambahkan, Sebaiknya keluhannya segera diatasi karena apabila dibiarkan maka akan sangat berpengaruh bagi kondisi kesehatan anda terutama untuk alat pendengaran anda, Untuk pengobatan kan bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari pengobatan medis hingga herbal yang kini telah banyak ditemukan. Semoga lekas sembuh :D
    baca juga : obat telinga bernanah