Tanya Dokter

  • Mengatasi bintik di bawah mata seperti jerawat

  •  Juni hamdani
    Anggota
    Selamat malam dokter, Saya mau bertanya di bawah mata istri saya itu terdapat bintik'bintik kecil seperti jerawat..tapi bukan jerawat...itu tepat di bawah matanya dan itu kadang terasa gatal.. Bagaimana cara mengatasi dan mengobatinya dok Mohon bantuannya ?!!!

    Hai Juni,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Munculnya bintil di mata apalagi yang disertai gatal memang bisa sangat mengganggu. Terlebih area wajah, khususnya mata, sangat mudah terlihat oleh orang lain.

    Beberapa kemungkinan penyebab bintil di bawah mata, di antaranya yakni:

    • Milia, disebabkan oleh keratin (protein kulit) yang terperangkap di dalam kelenjar pilosebasea
    • Xanthelasma, disebabkan oleh lemak (ksususnya LDL) yang terakumulasi di permukaan kulit akibat kelainan enzim tertentu
    • Dermatitis kontak, peradangan kulit yang dipicu oleh kontak dengan zat pemicu alergi atau iritasi, misalnya kosmetika, krim, sabun
    • Jerawat, timbul karena peradangan pada kelenjar pilosebasea, umumnya karena produksi sebum (minyak) yang meningkat
    • Miliaria (biang keringat), timbul karena peradangan akibat sumbatan di kelenjar keringat
    • Tumor, misalnya syringoma, trichoepithelioma, dan sebagainya

    Untuk menentukan cara pengobatan yang tepat, perlu dipastikan dulu apa penyebab bintik-bintiknya. Karenanya, sebaiknya ajak istri Anda memeriksakan langsung keluhannya ke dokter spesialis kulit ya.. Penanganan selanjutnya bisa diberikan dengan krim, operasi, atau mungkin juga laser.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya hindari memencet, mencungkil, atau mengoleskan apapun ke bintik yang muncul tanpa pengawasan dokter. Hindari juga penggunaan kosmetika berlebihan di sekitar mata. Jaga pola makan, batasi makanan tinggi kolesterol, perbanyak sayur dan buah, dan cukupi kebutuhan cairan 8-12 gelas perhari. Tidak lupa, mandi dan cuci muka secara teratur 2x sehari menggunakan sabun yang cocok dengan tipe kulit.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah