Tanya Dokter

  • bagaimana supaya bisa gemuk lagi?

  •  Vivi Huang
    Anggota

    salam sejahtera dok. dok saya perempuan 25 tahun, wajah saya jadi sangat kurus seperti kehilangan banyak daging. pipi saya sampai peot dok, terlihat sangat tua, beberapa lama ini memang saya sulit tidur, pipi saya yang peot ini apa bisa kembali normal, geraham saya dua-duanya sudah dicabut, yang mau saya tanyakan masih bisa tidak dok diusia saya sekarang pipi saya kembali bulat berisi seperti dulu lagi. tolong dok solusinya saya bener tidak pede, bagaimana wajah saya kembali normal.

    Hai,   Konsultasikan masalah Anda dengan dokter dan pastikan Anda tidak menderita penyakit/ indikasi medis tertentu yang membutuhkan perawatan agar kondisi Anda kembali normal. Jika ternyata ada indikasi medis dibelakang keluhan Anda maka pengobatan akan diperlukan terlebih dulu untuk bisa menambah berat badan Anda. Beberapa kondisi yang bisa membuat tubuh kurus dengan tiba tiba antara lain adalah :

    1. Diabetes.
    2. Infeksi TBC.
    3. Gangguan tiroid.
    4. Gangguan psikis seperti bulimia / anoreksia.
    5. Kanker.
    6. Paska kemoterapi.
    7. dll.
    Dengan mengetahui latar belakang penurunan berat Anda maka pengobatan sesuai bisa diberikan agar Anda bisa mendapatkan kembali berat ideal Anda. Kunci dari meningkatkan berat badan adalah dengan membuat asupan kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak daripada pembakaran kalori melalui kegiatan / aktifitas Anda..   Beberapa langkah / tips yang bisa Anda lakukan antara lain adalah :
    1. Makan lebih sering, contohnya 5-6 porsi kecil sehari lebih baik daripada 2-3 porsi besar dalam sehari. Pastikan menu Anda mengandung 4 sehat yang seimbang.
    2. Minum susu penambah berat badan lebih banyak, pastikan bahwa Anda meminum susu penambah berat badan sesuai etiket yang dicantumkan.
    3. Hindari minum air sebelum makan karena dapat membuat perut lebih cepat merasa kenyang.
    4. Memilih cemilan yang bergizi seperti roti dengan selai kacang atau buah alpukat.
    5. Pilih makanan yang bernutrisi tinggi: tinggi protein seperti dada ayam, produk olahan susu, kacang-kacangan, roti gandum dan lain-lain
    6. Lakukan olahraga untuk meningkatkan otot tubuh bukan memperbanyak lemak tubuh sehingga Anda bisa mendapatkan berat ideal yang proporsional.
    Baca topik terkait Ingin gemuk. Semoga membantu.   dr. Yusi