Tanya Dokter

  • Penanganan gigi goyang

  • Hai dok gigi saya goyang saya takut gigi saya copot, saya berumur 14 thn.

    Halo Putri Makawata, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Sebelum menjawab pertanyaan anda, saya hendak mengkonfirmasi terlebih dahulu apakah gigi yang goyang tersebut adalah gigi susu anda (gigi yang tumbuh dari bayi) atau gigi tetap yang sudah tumbuh menggantikan gigi susu yang sudah lepas?

     

    Bila gigi yang goyang adalah gigi susu, maka anda tidak perlu khawatir karena setelah lepas, gigi tersebut akan digantikan oleh gigi tetap. Gigi susu memang secara normal akan lepas dan harus lepas untuk digantikan dengan gigi tetap.

    Bila gigi yang goyang tersebut adalah gigi tetap, maka perlu dievaluasi terlebih dahulu apa penyebab gigi tersebut goyang. Gigi tetap dapat menjadi goyang karena trauma atau cedera benturan pada daerah mulut, infeksi gigi dan gusi yang meluas mengenai tulang dan jaringan lunak di sekitar gigi, terdapat penyakit tertentu seperti tumor di daerah mulut, kebiasaan menggertak gigi, kehamilan, dan lain-lain. Untuk mengatasi gigi yang goyang, perlu diatasi dulu penyebab-penyebab di atas, karena itu sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter gigi. Dokter gigi dapat menganalisis lebih lanjut penyebab gigi anda menjadi goyang dan memberikan tata laksana yang sesuai dengan kondisi gigi anda tersebut. Gigi yang goyang dapat distabilkan kembali dengan beberapa cara seperti memasang kawat gigi, menyatukan gigi yang goyang dengan gigi yang tidak goyang disebelah-sebelahnya, dan memberikan pelindung gigi bila memang terdapat kebiasaan menggertak gigi terutama pada malam hari.

    Sementara itu, ada baiknya anda menghindari makan makanan yang keras dan lengket terlebih dahulu untuk menghindari gigi goyang semakin parah atau bahkan lepas saat mengunyah makanan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia