Tanya Dokter

  • Penentuan masa subur wanita

  • Dok saya mu bertanya... tgl 28 oktober istri saya haid..trus masa suburnya jatuh di tgl brapa dok...? trus makanan apa yg bisa menyuburkan dan mengentalkan seperma dok...? Trimakasih dok mohon penjelasannya.

    Hai Zulfiansyah,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Untuk menentukan masa subur wanita, Anda perlu mencatat dulu bagaimana jadwal menstruasi istri Anda setidaknya selama 6 hingga 9 bulan terakhir. Hal ini bertujuan untuk menilai apakah siklus menstruasinya selama ini teratur atau tidak, karena cara perhitungannya tentu berbeda.

    Apabila istri Anda selalu memiliki siklus menstruasi yang teratur, maka masa subur umumnya akan terjadi berkisar 14 hari sebelum hari prakiraan menstruasi berikutnya. Misalnya, jika istri Anda memiliki siklus menstruasi yang teratur 28 hari, maka masa subur akan terjadi berkisar di tanggal berikut:

    Masa subur = (28 Okt + 28 hari) - 14 hari

    Masa subur = 26 Nov - 14 hari

    Masa subur = 12 Nov 2017

    Namun, jika siklus menstruasi istri Anda tidak beraturan, maka Anda bisa membantu menentukan masa suburnya berdasarkan cara berikut:

    • Ketahui siklus terpendek istri Anda. Kurangi angka tersebut dengan 18. Angka ini adalah hari pertama saat istri Anda berada pada posisi paling subur.
    • Ketahui siklus terpanjang istri Anda. Kurangi angka tersebut dengan 11. Angka ini adalah hari terakhir saat istri Anda paling subur.

    Untuk membantu meningkatkan kesuburan dan menjaga kualitas sperma pada pria, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Perbanyak juga makanan yang kaya akan vitamin C, vitamin E, dan asam folat, di antaranya kecambah, kacang-kacangan, jambu, selada, alpukat, pisang, strawberry, lemon, dan sebagainya. Batasi makanan instan dan berpengawet. Hindari alkohol dan obat terlarang.

    Di samping pengaturan pola makan, jaga juga kesuburan Anda dengan rajin berolahraga, perbanyak minum air putih, cukup istirahat, dan hindari stres atau tekanan psikologis yang terlalu berat.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah