Tanya Dokter

  • Bagaimana cara membedakan antara keputihan dan cairan nifas trakhir

  •  Rifatul
    Anggota
    Dokter ,saya tgl 11sept 2017 melahirkan scra sc ,yg jd prtnyaan sampai saat ini trkadang masih kluar cairan kntal warna kuning dan trkadang sperti lendir ,dan gatal di daerah skitar miss v ,apakah itu keputihan atau memang masih nifas?Mohon dibantu menjawab ,trimakasih dokter

    Hal, Rifatul. Nifas adalah masa setelah melahirkan dan berakhir lebih kurang 6 minggu. Perdarahan setelah nifas dikenal dengan istilah lokhia. Lokhia dalah cairan dari rongga uterus dan vagina yang terdiri dari darah segar bercampur sisa selaput ketuban dan sel lainnya. Lokia memiliki jenis warna berdasarkan kejadiannya, dari saat awal nifas berwarna merahm sampai hanya berupa warna kecoklatan dan putih bening. Apabila lokia berbau dan terasa gatal, bisa terjadi lokiostasis atau lokia yang tidak lancar keluar yang dapat menimbulkan infeksi. Hal ini mengakibatkan proses masa nifas menjadi lebih lama.

    Infeksi masa nifas ini dapat terjadi karena :

    • Menurunya daya tahan tubuh ibu
    • Tertinggalnya sisa plasenta, selpaut ketuban dan bekuan darah
    • proses melahirkan yang lama
    • Faktor kebersihan. Rasa gatal yang ditimbulkan yang ditimbulkan bisa terjadi karena adanya infeksi jamur pada area selangkangan dan genital karena faktor kelembaban dan hormon yang belum stabil. Jamur dapat menyebabkna rasa gatal. Saat ibu menggaruk dan tangan tidak dalamkeadaan yang bersih dapat menambah infeksi yang ada. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kebersihan Anda. Bila sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan kepada dokter agar didapatkan pengobatan yang sesuai.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S