Tanya Dokter

  • Cara meningkatkan berat badan

  •  Devhie Kapugu
    Anggota
    Selamat malam, saya perempuan usia 2 tahun. TB 156cm, BB saya skrg 42kg, sedangkan Idealnya saya 50,4kg. Saya ingin sekali menaikan berat badan saya menjadi ideal. Sudah berbagai cara saya lakukan tapi susah naiknya. Mohon solusinya. Makasih :)

    Dear Devhie,

    Normal tidaknya berat badan umumnya ditentukan dengan menggunakan indeks massa tubuh (IMT). IMT diperoleh dengan membagi berat badan dalam kg dengan tinggi badan yang dikuadratkan dalam meter.

     

    IMT Anda= 42/(1,56x1,56) = 17,3

     

    Penilaian IMT:

     

    • IMT di bawah 18,5 --> berat badan kurang
    • IMT 18,5-22,9 --> berat badan normal
    • IMT 23-24,9 --> berat badan berlebih
    • IMT di atas 25 --> obesitas

     


    Berat badan Anda tergolong berat badan yang kurang. Artinya Anda perlu menambah berat badan agar masuk kategori normal. Usahakan agar IMT Anda mencapai minimal 18,5.

     

    Jika dihitung terbalik:

     

    IMT=BB/(TBxTB) --> 18,5=BB/(1,56x1,56) --> BB=18,5x(1,56x1,56) = 45 kg

     

    Artinya target penambahan berat badan Anda harus mencapai sekurang-kurangnya 45 kg.

     

    Berat badan sendiri ditentukan banyak faktor:

    • faktor genetik
    • menu makanan yang dikonsumsi setiap hari
    • kalori yang dibakar tubuh misal dengan aktivitas fisik atau olahraga
    • faktor hormonal
    • faktor psikis seperti stres, cemas, depresi
    • sistem metabolisme tubuh
    • penyakit kronis


    Berikut beberapa tips untuk menambah berat badan:

     

    • makan dengan frekuensi yang lebih sering (5 - 6 kali porsi kecil lebih baik daripada dua atau tiga kali porsi besar)
    • pilih menu makanan kaya nutrisi, bukan yang berkadar lemak tinggi, sebagai contoh: daging tanpa lemak, sayuran dan buah, kacang-kacangan, tahu, tempe
    • berikan tambahkan kalori dalam menu Anda seperti keju atau telur. Hindari terlalu banyak mengonsumsinya
    • makan camilan seperti kurma, jagung rebus, salad, kedelai
    • minum setelah makan. Minum terlalu banyak air sebelum makan dapat membuat perut kenyang.
    • minum susu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang tak terpenuhi melalui menu harian
    • minumlah jus buah plus susu
    • hindari melakukan aktivitas fisik yang berat

     


    Jika berat badan Anda tetap tidak naik, konsultasikan dengan dokter (spesialis gizi klinik/Sp.GK).

     

    Berikut artikel yang bisa Anda baca:

     

    Indeks massa tubuh
    Menambah berat badan

     

    Semoga bermanfaat dan salam,

     

    dr. Rony Wijaya