Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menangani kutil kelamin sekaligus herpes?

  •  12096
    Anggota

    Selamat Pagi dok,

    Sebelumnya beberapa minggu kemarin saya pernah menanyakan hal ini di situs alodokter, dan salah satu dokter (Lk) menegaskan bahwa gejala yg saya alami memang benar-benar mengarah ke herpes genital. Kemudian, kemarin malam (10/7) saya menindaklanjuti penyakit yg saya derita,setelah genap hampir 2 bulan saya tutup mulut alias tidak mau berkonsultasi dengan beliau tentang gejala herpes ini dikarenakan 'malu'.

    Ketika berkonsultasi dan melihat 'kewanitaan' saya secara langsung, beliau mendiagnosa bahwa saya terkena virus condyloma (kutil kelamin). Lalu beliau bilang harus diangkat Condyloma ini. Dan sayapun menunjukkan Foto pada gejala awal yang saya derita, yg saya kira mengarah ke herpes genital sama seperti dokter interactive yg me-replies post pertanyaan saya.

    Kemudian secara sigap beliaupun bilang Foto tersebut memang seperti herpes tetapi gelembung yg awalnya gejala herpes sudah tidak ada, melainkan lebih mengarah ke Condyloma. Padahal saya sudah menegaskan daging kempis yg awalnya gelembung tersebut ya yg sekarang membentuk seperti Kulit menggantung. Sayapun menjadi tidak mendapat jawaban apapun selain diharuskan mengangkat/operasi condyloma ini.

     

    Maka dari itu, supaya pengobatan yg nanti saya lakukan tidak sia-sia dan sembuh total saya ingin tahu bagaimana cara mengobati kedua penyakit tersebut (Kutil kelamin dan Herpes genital) ?

    - Apakah dengan melakukan operasi kutil kelamin itu sudah bisa menyembuhkan hsv 2 atau tidak?

    - Operasi jenis apa yang persentasenya memungkinkan untuk sembuh total?

    - Jika sudah di lakukan operasi apakah sembuhnya permanen?

    - Apakah penyakit yg saya derita ini antara CONDYLOMA atau HSV 2 hampir genap 2 bulan ini termasuk tahap agak parah atau sudah parah?

    - Jika ingin melakukan vaksin, vaksin apa yg saya pakai?

    - Harus rutin meminum vitamin apa selain C dan E?

    - Apakah kemungkinan besar si pasangan (Lk) sering berganti pasangan lain (Pr) ketika dg saya, sehingga saya menjadi tertular? "karena saya pribadi setia atau dalam arti saya tidak melakukan sex berganti-ganti dg siapapun.

    Saya tunggu balasannya, terima kasih.

    Halo,   Pemastian diagnosa tentu saja akan lebih bisa dipertanggungjawabkan dengan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Mendiagnosa Anda berdasar konsultasi semata akan sulit untuk dilakukan, sehingga dokter yang memeriksa Andalah yang lebih mengetahui kondisi medis yang Anda alami. Kondiloma dan Herpes adalah 2 infeksi menular seksual yang disebabkan oleh  virus yang berbeda dan memiliki penanganan yang berbeda pula. Kondiloma merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus Human papilloma (HPV). Memberikan gejala timbulnya bintik/ daging berwarna kemerahan pada awalnya dan kemudian menjadi kecoklatan dan terasa gatal. Penanganan Kondiloma bisa dengan menggunakan obat topikal untuk menghancurkan kutil atau dengan metode ablasi untuk menghilangkan kutil. Metode ablasi apapun bisa menghilangkan kutil yang sudah ada asalkan dikerjakan oleh dokter yang berpengalaman di bidangnya. Namun walaupun kutil telah dihilangkan, akan ada kemungkinan untuk kutil tumbuh kembali (kambuh) karena masih terdapatnya HPV pada tubuh Anda yang tidak bisa dihilangkan. Pemberian vaksinasi HPV pada orang yang telah mengalami kutil kelamin memerlukan pemeriksaan darah untuk mengetes jenis virus terlebih dahulu. Karena vaksinasi HPV yang tersedia hanya bisa memberikan imunitas terhadap beberapa jenis HPV (+/- 5 jenis strain, sementara virus HPV terdiri dari ratusan jenis strain). Baca Kutil kelamin Sementara Herpes genital adalah infeksi yang disebabkan oleh HSV (herpes simplek virus) memberikan gejala timbulnya lenting beriisi air pada alat kelamin yang terasa panas dan pedih, Penanganan herpes ini adalah dengan pemberian obat antivirus oral seperti acyclovir, fancyclovir dll. Kasus herpes simplek tidak membutuhkan operasi. Sama seperti kondiloma, herpes genital ini juga bisa menjadi kambuhan jika kondisi imun pasien menjadi lemah. Dikarenakan begitu virus masuk kedalam tubuh maka virus akan dorman berada dalam sistem tubuh penderita. Anda bisa melakukan vaksinasi herpes simplek namun sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu kondisi Anda. Karena pemberian vaksin pada pasien yang pernah terinfeksi virus membutuhkan perhatian khusus. Baca Herpes genital.   Kedua jenis infeksi menular diatas memang ditularkan dengan cara melakukan hubungan seksual yang tidak aman dengan penderita, menggunakan mainan seks yang telah terinfeksi bersama sama dll. Komunikasikan dengan pasangan dan obati juga pasangan Anda untuk menjamin tidak terjadinya infeksi ulangan. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi

    12096  12096
    Anggota

    Namun dokter yg menangani sayapun setelah melihat Foto yg saya tunjukkan langsung mendiagnosa bahwa itu herpes, tetapi saat dilihat secara langsung adalah Condyloma. Yg benar yg mana sayapun bingung, kesimpulannya berarti saya hanya terkena salah satu dari kedua virus terserbut ya dok? Kemudian kalau untuk metode penyembuhan yg sebelumnya dokter sebut perkiraan biayanya berapa ya?   - Apakah penyebaran condyloma ataupun herpes sangatlah  cepat? - Berapa kisaran juga biaya untuk vaksinasi masing-masing virus tersebut? - Kalaupun pasangan saya yg menularkan kepada saya, apakah saya bisa tertular lagi setelah melakukan penyembuhan berikut vaksinasinya? - Dan, apakah ada resiko besar terhadap kehamilan nantinya dengan adanya virus-virus tersebut?   Saya tunggu kembali balasannya. Terima kasih dan Selamat Malam