Tanya Dokter

  • Solusi atasi penyakit tifus tak kunjung membaik

  •  Rohmana Septa
    Anggota
    Slamat pagi dok,saya Arum umur saya 18thn . Bulan lalu tepatnya tanggal 2 okt itu saya periksa ke sebuah klinik saya cek laboratorium hasilnya gejala tipus. Tapi sampai sekarang saya blm sembuh . Udah 3kali periksa .yang saya rasakan saat ini dingin,tapi badan saya panas,pusing,pegel nyeri,mual,perut sakit. Gmn solusinya ya dok?

    Terima kasih Rohmana Septa atas pertanyaannya di forum Alodokter, tifus merupakan penyakit ynag disebabkan oleh bakteri yang dinamakan Samonella Typhi. Dimana infeksi bakteri ini biasanya ditularkan melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri ini. Dimana gejala yang dapat ditimbulkan pada penyakit ini berupa:
    - Demam yang dapat meningkat secara bertahap tiap hari di minggu pertama
    - Demam biasanya meninggi pada malam hari
    - Otot terasa sakit
    - Sakit kepala
    - Merasa sakit atau tidak enak
    - Badan lelah dan lemas
    - Berkeringat
    - Penurunan berat badan
    - Sakit perut
    - Kehilangan nafsu makan
    - Dapat menimbulkan kelainan BAB dapat berupa diare atau konstipasi
    - Lidah kotor

    Pada kondisi ini biasanya penanganan dapat diberikan berupa obat antibiotik guna mengeradikasikan kuman ini, dimana keluhan biasanya akan membaik dalam 7 hingga 14 hari pasca pengobatan. Akan tetapi, bila keluhan tidak kunjung sembuh maka berkemungkinan bakteri tahan terhadap antibiotik yang diberikan, penyakit kambuh kembali, atau penyebab penyakit bukan akibat penyakit tifus. Pada keadaan ini sebaiknya kondisi tetap dapat diperiksakan ke dokter terkait guna dilakukan pemeriksaan kembali untuk memastikan kondisi yang dialami saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar tifus

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra