Tanya Dokter

  • Penyebab bengkak dan nyeri sendi di ruas-ruas jari

  •  retno
    Anggota

    Selamat Sore dok ,

    saya Retno (Balikpapan) usia 19 th, ingin bertanya. Sudah 3 bulan terakhir saya mengalami bengkak & nyeri sendi di ruas-ruas jari tangan, susah di tekuk & rasanya hangat jika dipegang. saya browsing dan menemukan penyakit bernama "arthritis rheumatoid" . Kata kka saya itu hanya kecapean saja.  Apakah benar di usia seperti saya bisa terkena penyakit seperti itu ?

    bagaimana cara mengobatinya dok ? Terima kasih.

    Hai, Rheumatoid artritis dapat mengenai segala usia, namun yang tersering antara usia 40 hingga 60 tahun. Gejalanya seperti nyeri, hangat, dan bengkak pada sendi, kaku sendi pada pagi hari, atau terdapat benjolan pada jaringan di bawah kulit lengan (nodul rematoid). Penyebab lain dari bengkak dan nyeri sendi tersebut diantaranya:

    • gout 
    • lupus
    • osteoartritis
    • gangguan kelenjar tiroid (hipotiroid)
    Usahakan tidak melakukan olahraga atau aktifitas yang menekan sendi tangan.<span style="line-height: 1.5;"> Selain itu, miliki pola makan yang sehat dan seimbang. </span> Obat pereda nyeri atau obat antiinflamasi non steroid dapat diberikan untuk mengurangi nyeri yang timbul, seperti ibuprofen atau diklofenak.   Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti tes darah atau sinar X, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga penanganan yang tepat akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto