Tanya Dokter

  • Mengatasi luka lecet pada anus pasca anal sex

  •  Andrew
    Anggota
    Slamat siang dok. Beberapa hari yg lalu saya melakukan sex anal dengan pasangan saya. Setelahnya bbrapa hari kemudian saya merasa bahwa anus saya terdapat luka lecet dan berdarah. Dan baru 2 hari yg lalu smpai skarang, ketika setelah BAB anus saya terasa sakit (nyeri) dan panas. Kira2 bagaimana ya dok untuk mengatasi keluhan yg seperti ini ? Apa bisa sembuh dengan sendirinya tanpa diobati ? Dan kira2 obat apakah yg paling lazim utk melunakkan feses agar tdk terasa sakit ketika BAB ?

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Luka lecet pada daerah anus yang dapat terasa sakit kemungkinan disebut dengan fisura ani, yaitu suatu robekan atau luka pada daerah anus dekat dengan perbatasan kulit. Kebanyakan fisura ani ini akan membaik dalam beberapa hari atau bahkan mingguan tanpa memerlukan penanganan medis. Bila kondisi tersebut belum juga membaik dalam 8-12 minggu maka sebaiknya diberikan penanganan secara medis.

    Selain akibat dari anal sex, fisura ani ini juga dapat disebabkan oleh feses yang terlalu keras atau diare yang berlebihan. Untuk penanganannya, beberapa langkah yang dapat anda lakukan adalah:

    1. Konsumsi obat pereda rasa nyeri untuk meredakan nyeri saat BAB
    2. Perbanyak konsumsi air putih 8-12 gelas perhari
    3. Perbanyak asupan serat (sayur dan buah-buahan)
    4. Jika anus terasa sangat tidak nyaman, dapat diatasi dengan duduk berendam di dalam air hangat
    5. Untuk sementara waktu hindari seks anal untuk mempercepat pemulihan

    Namun sebaiknya anda tetap memeriksakan kondisi anda pada dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik terkait dengan keluhan anda dan diberikan penatalaksanaan yang paling sesuai dengan Anda. Bila nanti ditemukan tanda infeksi pada daerah anus Anda, mungkin akan diberikan penatalaksanaan berupa pemberian antibiotik.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati