Tanya Dokter

  • bagaimana cara mengatasi pendarahan saat BAB ?

  •  anonimus
    Anggota

    usia saya masih 19 tahun, tetapi sudah mengidap penyakit wasir. awal mula penyakit saya sebenarnya susah BAB, dan terlalu lama berada dalam WC sehingga meyebabkan wasir saya semakin parah, saya juga senang makanan pedas. kurang lebih satu bulan lalu saya sudah menjalani operasi kecil dengan metode dijahit. ukuran ambeyen saya sekitar biji kelereng, sebelum saya memutuskan operasi kecil metode penjepitan tersebut saya ditawarkan 2 alternatif ingin minum obat selama 6 bulan atau di operasi. berhubung saya tidak ingin mengonsumsi obat saya memilih di operasi dengan dijahit. operasi hanya berlangsung selama beberapa menit. setelah operasi saya merasa masih susah BAB, tonjolan nya setelah oprasi memang tidak keluar lagi, tetapi saya masih susah BAB dan mengalami kesakitan ( perih ). kemudian saya kembali lagi kedokter nya dan dokter memberikan obat pencahar dokter nya pub bilang bahwa ambeyen nya sudah lepas. tapi setelah saya minum obat pecahar saya langsung BAB, dan BAB berdarah lagi. saya sudah tidak kembali kedokter itu lagi karena dokter nya bilang wasir saya telah lepas. sampai saat ini benjolan nya kembali keluar lagi dan setiap BAB saya mengeluarkan darah segar. saya pergi ke dokter bedah yang lain, dokter itu bilang bahwa gak bisa memang kalau diikat, karena sudah besar, dokter yang baru ini menyarankan untuk oprasi metode stapler. sekarang saya bingung ingin di oprasi lagi atau tidak saya takut jika oprasi ny gagal lagi. tetapi apabila tidak ditangani saya selalu kesakitan jika BAB. saya ingin minta saran dokter kira2 bagaimana baik nya ?? saya juga masih kurang paham tentang bagaimana oprasi stapler ini, apakah setelah oprasi tidak akan menyebabkan komplikasi ?? saya trauma melakukan oprasi lagi di indonesia karena takut akan gagal lagi. bagaimana saran dokter?? tolong tanggapan nya dok. terimakasih sebelum nya.

    Halo,   Penanganan wasir terdiri dari beberapa pilihan yang disesuaikan dengan kondisi masing masing penderita dan seberapa parah stadium wasir yang Anda alami. Pada stadium 1 biasanya pemberian obat memberikan hasil yang memuaskan , walaupun harus diikuti dengan perubahan pola makan yang sehat dan berolahraga agar BAB tidak keras. Pada stadium 2 dan 3 penanganan dengan metode non operasi seperti :

    1. Injeksi sklerosan = memasukan obat kedalam vena yang melebar (wasir) agar wasir mengkerut dan kemudian lepas dengan sendirinya. Bisa menimbulkan nyeri dan perdarahan.
    2. Ligasi = mengikat wasir (benjolan) dengan karet khusus supaya sirkulasi ketempat wasir berkurang dan akhirnya wasir mengecil dan kering serta lepas dengan sendirinya. Ada kemungkinan ligasi lepas dan menyebabkan perdarahan dan nyeri pada anus.
    3. Koagulasi dengan infra merah = melakukan metode membakar wasir dengan infra merah dengan harapan wasir mengecil dan lepas dengan sendirinya.
    Namun wasir stadium 4 membutuhkan tindakan operasi seperti :
    1. Hemoroidektomi konvensional = memotong wasir yang keluar dan mengikat pembuluh darah yang memberikan sirkulasi ke daerah wasir. Membutuhkan waktu 7 hari untuk pemulihan. Lebih aman dan resiko perdarahan dan nyeri lebih sedikit serta komplikasi timbulnya benjolan kembali lebih kecil.
    2. THD (Transanal Hemorroidal Dearterilezation) = menggunakan alat doppler untuk mencari semua pelebaran pembuluh darah pada anus dan kemudian mengikat semua alira pembuluh darah ke area wasir. Waktu dan komplikasi yang ditimbulkan dalm masa penyembuhan lebih kecil daripada hemoroidektomi konvensional.
    3. Stapled Hemoroidektomi (Stapler) = menjepit bagian bawah anus (anorektum) dengan alat stapler yang diharapkan akan mengurangi aliran darah ke bagian wasir dan mengurangi resiko timbulnya benjolan kembali yang menggantung ke luar anus. Namun resiko operasi ini lebih besar daripada tindakan THD atau hemoroidektomi konvensional, walaupun nyeri dan perdarahan lebih sedikit terjadi namun tindakan stapling ini menimbulkan keluhan benjolan lebih sering daripada tindakan lain
    4. Laser
    5. Bedah beku.
    Setiap tindakan operasi akan memiliki efek dan komplikasi masing masing. Pada semua operasi pengangkatan wasir, nyeri dan perdarahan adalah efek yang sering terjadi selama beberapa hari - minggu paska operasi. Anda bisa mengurangi nyeri dengan obat penghilang nyeri resep dokter dan mengurangi perdarahan sesuai anjuran dokter Anda. Jika perdarahan yang terjadi cukup banyak maka segera hubungi dokter / RS terdekat. Baca topik Hemoroid.   Semoga membantu.   dr. Yusi