Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengatasi tangan bergetar?

  •  Chika Mily
    Anggota
    selamat pagi, dok saya mau tanya. teman saya ini dulu nya pengguna narkoba tapi sudah direhab, tapi kenapa ya dok, tangannya gemetaran setiap hari, tiap aktifitas menggunakan tangan pasti selalu berantakan jadinya. tidak bisa dipancing emosinya, karena kalau dia marah kepalanya sakit dan emosinya jadi tidak stabil. padahal dia sudah berhenti total menggunakan narkoba dalam waktu yang lama. minta sarannya dok, apakah perlu terapi khusus untuk dia bisa benar benar kembali normal seperti layaknya kebanyakan orang?

    Halo Chika,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Jadi keluhan teman anda dengan tangan sering bergetar dan emosi yang meluap-luap dapat disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi ataupun disebabkan oleh hal lain. Gerakan tangan yang bergetar dalam bahasa medis disebut sebagai tremor,merupakan gerakan gemetar yang terjadi secara berulang tanpa disengaja,hal ini dapat terjadi di tangan,kepala ataupun anggota gerak lain. Beberapa hal penyebab tremor adalah:
    1. Emosi yang meluap-luap (kemarahan,sedih)
    2. Stroke
    3. Hipertiroid
    4. Cedera kepala
    5. Penyakit parkinson
    6. efek penggunaan obat-obatan terlarang (kemungkinan yang terjadi pada teman anda)
    Untuk mendiagnosa keparahan tremor serta penanganan yang tepat,anda dapat mengkonsultasikan teman anda ke dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan tambahan seperti EMG,CT scan.
    Seangkan emosi teman anda yang meluap-luap, dapat disebabkan oleh:
    1. Hipertiroid
    2. Depresi
    3. Gangguan bipolar
    4. Efek samping obat-obatan
    Sangat disarankan atas dua keluhan ini,anda dapat membawa teman anda ke dokter spesialis saraf mengenai tremor yang dirasakan dan dokter spesialis psikiatri. Demikian info,semoga menjawab pertanyaan anda. Salam dr. Celleen