Tanya Dokter

  • bagaimana cara mengatasi tidur agar tidak ngorok?

  • dok...suami saya tiap tidur malam pasti selalu ngorok, sampai-sampai aku sendiri gak bisa tidur karena terganggu oleh ke ngorokan dia dok...gimana cara supaya dia tidak mengorok tolong bantu saya dok...

    Hai,   Mengorok (snore) merupakan masalah sosial yang dialami banyak orang. Penyebab dan Derajat keparahan akan bervariasi tergantung dari penyebab pada masing masing individu dan membutuhkan pengobatan ayng spesifik tergantung dari penyebabnya. Adapun penyebab mengorok antara lain adalah :

    • Level 1 = gangguan pada hidung yang bisa diakibatkan deviasi septum (tulang hidung yang bengkok), polip hidung dan pembengkakan mukosa hidung.
    • Level 2 = gangguan pada belakang mulut yang diakibatkan oleh pembengkakan tonsil, dinding belakang mulut dan pembesaran uvula.
    • Level 3 = gangguan pada tenggorokan karena pembesaran dari amandel, lidah, dan kegemukan (leher yang besar dan berlemak).
    Untuk menentukan penyebab Anda maka pemeriksaan dan tes medis akan perlu dilakukan oleh dokter THT. Dokter akan memeriksa seluruh kondisi hidung sampai tenggorokan Anda dan melakukan beberpa tes medis jika perlu. Dengan mengetahui penyebab maka pengobatan bisa diberikan secara tepat dan sesuai. Untuk mengurangi mengorok, Anda bisa melakukan beberapa tips seperti :
    1. jaga berat badan ideal Anda.
    2. berhenti merokok dan  minum alkohol.
    3. berhenti menggunakan obat obatan seperti obat anti depresan dll.
    4. Olahraga
    5. Tidur dengan posisi miring.
    6. Tidur dengan kepala lebih tinggi dari dada.
    7. Hindari minum kopi dan makan sebelum tidur.
    8. lakukan latihan tenggorokan untuk mengurangi mengorok dengan mengucap vokal aiueo selama beberapa waktu dengan suara keras.
    9. melakukan tindakan medis seperti penggunaan CPAP ( continous psitive airway pressure), operasi amandel yang bengkak dll.
    Semoga membantu.   dr. Yusi