Tanya Dokter

  • Benjolan seperti kutil di sekitar vagina yang terasa gatal dan cara mengatasinya

  •  Iwan
    Anggota

    Selamat siang dok,

    Saya seorang siswi usia 17 th. 3 bulan lalu pas saya selesai mens, tiba2 ada benjolan kecil sperti kutil di area vagina saya dok. 2 hai sebelumnya sya demam dan di daerah kemaluan saya terasa gatal. Saya sudah berkonsultasi dngn dokter. Saya di beri obat anti virus, gatal, vit, dan salep. Memang ada perubahan, tpi tdk smpai hilang total cuman mengempis. Sya smpat brhenti minum obat dan ngasih salep dok. Trus tiba2 muncul lagi di daerah paha tpi msib kecil2 dok. Bgaimana solusinya dok? APakah ini berbahaya?

    Terimakasih dok.

    Iwan  Iwan
    Anggota

    Bls dok ?

    Halo,   Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ulang kembali ke dokter yang merawat Anda. Karena kelainan kulit memerlukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui dengan pasti penyebab dari kelainan kulit Anda. Beberapa kemungkinan kelainan kulit Anda disebabkan oleh :

    • Infeksi virus = molluscum.
    • Herpes genital
    • Kutil kelamin.
    • dll.
    Dengan melakukan pemeriksaan secara langsung maka bisa diketahui apa penyebab keluhan Anda dan dengan begitu maka pengobatan bisa diberikan sesuai dengan penyebab keluhan Anda. Kutil kelamin merupakan salah satu infeksi menular akibat virus HPV yang berbentuk bintil/benjolan berwarna kecoklatan seperti kutil pada umumnya namun tumbuh di daerah kelamin Anda. Penanganan kutil ini bisa dengan memberikan obat oles dan melakukan operasi sesuai dengan indikasi dari kutil tersebut, Jika kutil kecil dan sedikit maka pemberian obat oles seperti asam trikloroasetat, podofilotoksin dll akan diberikan sesuai anjuran dokter. Sementara jika kutil banyak dan bergerombol maka tindakan seperti laser, potong beku (crioterapi) , kauter dll akan lebih dipilih sebagai terapi untuk menghilangkan kutil. Kutil kelamin sangat menular dan bisa berbahaya jika tumbuh di dekat/ dalam liang vagina. Kutil bisa berukuran sangat besar dan menutup liang vagina dan juga  meningkatkan resiko terkena kanker mulut rahim pada penderita tersebut. Untuk penanganan maksimal, segera hubungi dokter dan konsultasikan secara seksama mengenai kondisi Anda. Baca topik Kutil kelamin Semoga membantu.   dr. Yusi

    Iwan  Iwan
    Anggota

    Makasih banyak dok. Ini sangat membantu

    Iwan  Iwan
    Anggota

    Dok penyakit sperti ini bisa sembuh nggak sih dok?

    Halo,   Penyakit kutil kelamin bisa mereda dan tidak menimbulkan gejala apapun setelah pengobatan. Namun juga bisa mengalami kekambuhan tergantung dari daya tahan tubuh / imunitas pasien dan sifat virus. Pada banyak kasus, kutil kelamin bisa terjadi berulang kali sehingga membutuhkan terapi kontinu dan kontrol yang baik dari pasien. Anda bisa melakukan beberapa pencegahan seperti :

    • Menghindari bersentuhan dengan kutil atau kutil kelamin.
    • Mencuci tangan jika bersentuhan dengan kutil dengan cairan antiseptik.
    • Berpantang seks bebas
    • Menggunakan kondom.
    • Mengobati pasangan seks Anda.
    • Menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat cukup, makan gizi seimbang dan olahraga teratur.
    Semoga membantu.   dr. Yusi