Tanya Dokter

  • Solusi atasi pusing berputar

  • Dok saya liha umur 19 thn. Keluhan saya sekarang sering kali saat lama beraktivitas lalu saya buang air nah stelah itu disaat saya bangun saya selalu merasa keleyengan dok atau merasa kalo dunia ini goyang2 bahkan saya harus lama di toilet untuk bersandar agar tidak jatoh. Dan itu saya alamai sebulan belakangan ini setiap saya habis buang air.kira2 apa yah dok penyakit yg saya rasakan ini terlebih saya juga sering terasa sesak yg berasal dari punggung sampai kedada rasanya seperti makanan yg belum masuk keperut atau tertahan. Itu akhir2 ini yg saya sering rasakan dok. Trimakasih

    Juhrotul yang baik,

    rasa keleyengan atau sempoyongan bisa terjadi ketika asupan oksigen tidak sampai ke otak. Oksigen didistribusikan ke seluruh tubuh lewat darah yang dipompa oleh jantung dengan tekanan tertentu. Ketika terjadi masalah pada mekanisme ini, tentunya distribusi oksigen akan terganggu, dan ketika otak mengalami gangguan asupan oksigen, pusat kesadaran tentu akan terganggu pula. Pada kasus dimana rasa keleyengan timbul saat berubah posisi bisa disebabkan oleh suatu fenomena yang disebut dengan hipotensi ortostatik, yakni tekanan darah rendah yang terjadi karena perubahan tekanan darah yang diakibatkan perubahan posisi mendadak dari tidur ke bangun, atau dari duduk menjadi berdiri. Kondisi serupa juga bisa terjadi ketika seseorang buang air besar dimana seseorang harus mengedan, hal ini akan memicu refleks vagal dimana ada bagian saraf tubuh yang mengatur mengenai kerja jantung, yang bila terangsang akan memperlambat denyut jantung. Denyut jantung yang melambat juga akan berujung pada tekanan darah yang hasil akhirnya ialah sempoyongan. Mengenai rasa sesak atau penuh di perut, kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang berkaitan dengan pencernaan. Salah satunya ialah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease yakni naiknya asam lambung ke tenggorokan dan menyebabkan iritasi di sekitar jalur tersebut yang termanifestasi sebagai rasa sesak dan tidak nyaman di dada. 

    Oleh karena kompleksnya kondisi yang Anda keluhkan, kami menyarankan Anda untuk menjalani serangkaian pemeriksaan langsung dengan dokter untuk mengevaluasi kondisi Anda secara keseluruhan dan menentukan penanganan yang tepat agar keluhan Anda segera tertangani. Berikut kami lampirkan artikel mengenai hipotensi ortostatik. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief