Tanya Dokter

  • Penyebab asam lambung naik

  •  Nise Serlin
    Anggota
    Selamat malam Dok,saya ingin bertanya. Saya punyaDok penyakit maag tetapi saat kambuh tak seperti biasanya,saya agak heran karena detak jantung saya berdetak kencang dan dada sedikit sakit.Apakah itu penyebab dari asam lambung naik atau penyakit lain? Mohon dijawab ya Dok😊

    Dear Nise,

    Kondisi yang Anda alami dapat mengarah pada penyakit asam lambung biasa disebut dengan GERD (gastro eosophageal reflux disease), di mana kondisi ini digambarkan sebagai naiknya asam lambung hingga ke esofagus.

    Adapun gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini antara lain: nyeri pada ulu hati, disertai dengan dada terasa panas, dan tenggorokan terasa pahit. Nyeri pada ulu hati dapat membuat sakit kepala serta jantung yang berdebar-debar.

    Penanganan dari penyakit asam lambung sendiri cukup sama dengan sakit maag, antara lain dengan:

    • Menghindari pola makan yang tidak teratur
    • Tidak mengkonsumsi makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti makanan asam, pedas, dan kafein
    • Hindari langsung berbaring setelah makan
    • Usahakan makan dalam porsi kecil namun lebih sering
    • Hindari menggunakan pakaian yang ketat terutama di daerah perut

    Namun apabila keluhan yang Anda alami tidak kunjung membaik, kami sangat menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter terutama dokter spesialis penyakit dalam (SpPD) agar nantinya dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan apabila perlu dilakukan pemeriksaan tambahan misalnya dengan endoskopi sehingga penanganan yang diberikan dapat lebih tepat dan efektif.

    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk mengatasi keluhan Anda.

    dr Taneya Putri Zahra